Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Tahan Api dari 7 Bahan Bangunan

Setiap bangunan rentan terhadap kebakaran. Oleh karena itu, perlunya ilmu untuk memahami sifat tahan api dari bahan bangunan yang kita pilih. 

Sifat tahan api dari bahan bangunan umum seperti batu, batu bata, kayu, besi tuang, kaca, baja dan beton disebutkan di bawah ini. Langsung saja simak saja artikelnya berikut ini.


Sifat Tahan Api dari 7 Bahan Bangunan yang umum digunakan
Sifat Tahan Api  dari Bahan Bangunan. (sumber: wikimedia.org)

Sifat Tahan Api dari 7 Bahan Bangunan

Batu

Batu itu adalah konduktor panas yang buruk. Tapi itu menderita lumayan di bawah pengaruh api. Batu ini juga dapat hancur menjadi potongan-potongan kecil ketika dipanaskan dan tiba-tiba didinginkan. 

Granit meledak dan mudah hancur jika terjadi kebakaran. Batu kapur mudah hancur bahkan oleh api biasa. 

Batuan pasir komposisi kompak dengan butiran halus umumnya dapat menahan api sedang dengan sukses tanpa pembentukan retakan serius.

Bata

ditemukan bahwa batu bata tidak terkena dampak serius sampai suhu sangat tinggi 12000C hingga 13000 C tercapai. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa batu bata adalah konduktor panas yang buruk. Jika jenis mortir dan kualitas pengerjaan bagus, batu bata umumnya menawarkan ketahanan yang baik terhadap api. 

Namun, batu bata memiliki keterbatasan struktural tersendiri untuk digunakan dalam bangunan.

Kayu

Sebagai aturan umum, elemen struktur yang terbuat dari kayu terbakar dan cepat hancur jika terjadi kebakaran. 

Selanjutnya, mereka menambah intensitas api. Tetapi kayu yang digunakan dalam bagian berat dapat mencapai tingkat ketahanan api yang tinggi karena kayu adalah konduktor panas yang sangat buruk. 

Ini adalah alasan mengapa waktu diperlukan untuk membangun panas yang cukup sehingga menyebabkan nyala pada kayu. 

Untuk membuat kayu lebih tahan api, permukaan kayu kadang-kadang dilapisi dengan bahan kimia tertentu seperti amonium fosfat dan sulfat, boraks dan asam borat, seng klorida, dll. 

Seperti perlakuan pada permukaan kayu memperlambat kenaikan suhu selama kebakaran. Cam kayu juga dibuat tahan api dengan aplikasi cat tertentu di permukaannya.

Cast iron

Bahan ini jarang digunakan sebagai bahan struktural saat ini. Bahan ini terbang menjadi potongan-potongan ketika dipanaskan dan tiba-tiba didinginkan. 

Oleh karena itu, ketika bahan ini digunakan dalam konstruksi, itu ditutupi baik oleh batu bata dari satu ketebalan bata atau bahan tahan api lainnya seperti beton.

Kaca

Bahan ini adalah konduktor panas yang buruk dan pemuaiannya karena panas yang kecil. Retak yang terbentuk saya bahan ini ketika dipanaskan lalu mendadak didinginkan. 

Kaca yang diperkuat dengan kawat baja lebih tahan api daripada kaca biasa dan dapat menahan variasi suhu yang tiba-tiba tanpa pembentukan retakan. Kaca berkabel, meskipun pecah, membuat kaca retak dalam posisi semula.

Baja

Baja adalah konduktor panas yang baik dan karenanya, ia dipanaskan dengan cepat jika terjadi kebakaran. 

Ditemukan bahwa baja kehilangan kekuatan tariknya dengan peningkatan panas dan tegangan leleh baja ringan pada 6000C sekitar sepertiga dari nilainya pada suhu normal. 

Oleh karena itu, di bawah api yang kuat, balok-balok baja yang tidak terlindung melorot, tiang-tiang baja yang tidak terlindungi dan strukturnya runtuh. Baja benar-benar meleleh pada suhu 14000C. 

Juga ditemukan bahwa jika cat permukaan tidak dibuat khusus tahan api, ia membantu penyebaran api di permukaan dan dengan demikian menambah intensitas api.

Jika pelat baja atau bentuk lembaran tetap pada kerangka, itu menjadi afektif adalah menolak bagian nyala api. Konstruksi seperti ini banyak digunakan dalam pembuatan pintu dan jendela yang tahan api.


Beton

Beton memiliki ketahanan api yang sangat baik. Perilaku nyata dari beton jika terjadi kebakaran tergantung pada kualitas semen dan agregat yang digunakan. 

Dalam kasus beton bertulang dan beton pratekan, itu juga tergantung pada posisi baja. Lebih besar penutup beton, lebih baik adalah tahan api dari anggota.

Tidak ada kehilangan kekuatan dalam beton ketika dipanaskan hingga 250 ° C. Pengurangan kekuatan dimulai jika suhu melampaui 250 ° C. 

Biasanya struktur beton bertulang dapat menahan api selama sekitar satu jam pada suhu 1000 ° C. Oleh karena itu beton semen idealnya digunakan bahan tahan api.

Nah itulah beberapa bahan bangunan yang mempunyai sifat tahan api dan umumnya bahan bangunan tersebut digunakan.

Demikian artikel ini kami buat, silahkan dibagikan supaya bermanfaat dan tinggalkan komentar. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Sifat Tahan Api dari 7 Bahan Bangunan"