Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal Penting dalam Perencanaan Bangunan

Riset menunjukkan bahwa masyarakat lebih senang merencanakan bangunannya sendiri agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Namun, ada hal-hal penting yang harus diketahui supaya niat tersebut tercapai yaitu BMW: Biaya, Mutu, Waktu. Berikut di bawah ini akan dijelaskan selengkapnya.


Merencanakan Bangunan
Proses Diskusi Perencanaan Bangunan. (sumber: arsicad.com)

3 hal paling penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan bangunan adalah BMW: Biaya, Mutu, Waktu.


Biaya

Biaya yang diharapkan adalah biaya yang paling ekonomis karena setiap orang tidak ingin menghamburkan uangnya hanya dalam satu keperluan saja.


Mutu

Mutu yang diharapkan adalah mutu terbaik dan kuat strukturnya karena untuk keamanan dan kenyamanan saat ditempati.


Waktu

Waktu yang diharapkan adalah waktu yang paling efisien dan tercepat karena harapan dalam membuat bangunan yaitu ingin segera pindah ke tempat yang baru.

Dalam menggabungkan ketiga hal tersebut, maka tidak boleh ada yang dikorbankan. Bangunan yang baik seharusnya dibangun dengan biaya yang ekonomis, baik mutunya dan dikerjakan dalam waktu yang efisien. 

Tidak boleh bangunan hanya mementingkan salah satu poin saja. 

Misal: bangunan dibangun dengan biaya yang murah dan selesai dalam waktu yang singkat tetapi strukturnya tidak terjamin kekuatannya. Atau, bangunannya cepat selesai tetapi mutunya buruk dan biayanya membengkak. Atau, bangunannya kualitas dan mutu terbaik tetapi biaya yang dikeluarkan melebihi ekspetasi yang seharusnya bisa dibuat hemat dan memakan waktu yang lama untuk diselesaikan.
Biaya, Mutu dan Waktu dalam Perencanaan Bangunan

3 skenario ini, hanyalah gambaran di lapangan mengenai 3 hal terpenting dalam perencanaan bangunan.

Selain 3 hal tersebut: biaya, mutu, waktu. Ada beberapa hal lainnya yang menjadi faktor penting dari perencanaan bangunan.


Keindahan dan estetika

faktor ini menjadi penting dalam bangunan untuk memberikan ciri khas dengan memadu-padankan warna, desain, pilihan material, bentuk-bentuk ukiran yang unik serta hal-hal lainya yang bisa menambahkan kesan indah pada bangunan.


Lestari dan ramah lingkungan

Hal ini bisa didapatkan dengan cara menanam beberapa tanaman dan pohon pada halaman atau membawa masuk tanaman kecil pada pot ke dalam bangunan agar terlihat lebih asri. Bisa juga dengan menginstalasi perangkat energi terbarukan seperti solar panel. 

Sangat banyak sekali hal lainnya yang bisa anda cari sendiri di internet mengenai menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar termasuk rumah atau bangunan baru anda.


Kesehatan

Hal ini terkait dengan poin sebelumnya. Pastikan juga drainase anda lancar, penampungan air yang bersih, jarak septictank yang aman, ventilasi udara dan cahaya yang lancar serta hal lainya yang dapat menjaga kesehatan anda dan keluarga.


Kenyamanan

Kenyamanan terkait dengan banyak hal yang disebutkan pada poin atas tadi. Selain itu, ada hal seperti ukuran ruangan yang anda tempati, lebar jendela, ukuran pintu, perabotan rumah, tingi dan lebar anak tangga, posisi hadap sebuah kamar, letak toilet dan hal-hal lainnya. Pikirkan lagi mengenai bangunan yang akan anda tempati nantinya.


Fungsional

Diharapkan dengan adanya riset sejak awal dalam membuat rencana bangunan baru maka diperlukan rencana detail setiap fungsi ruangan nantinya. Jangan sampai ada hal yang sia-sia. 

Ini terkait juga dengan biaya, mutu, dan waktu. Misal: anda akan merencanakan bangunan dengan tiga kamar tidur anak, ada garasi mobil atau bahkan ada ruang khusus untuk tamu atau pembantu. 

Ada baiknya hal ini masuk dalam perencanaan.

Diatas adalah beberapa poin penting serta tambahannya yang perlu dipikirkan dalam perencanaan bangunan. 

Seorang koki handal tentu akan menyiapkan peralatan tempur dapurnya dan bahan makanan sebelum memulai memasak agar nantinya bisa menghidangkan hidangan terbaik terlepas ia koki berbakat atau tidak.

Demikian, artikel tentang perencanaan bangunan ini, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.

1 komentar untuk "8 Hal Penting dalam Perencanaan Bangunan"

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, khususnya untuk orang yang ingin melakukan pembangunan, karna kadang juga ada orang yang membangun sebuah bangunan tapi berprinsip yang penting jadi tanpa memperhatikan hal-hal penting yang harus terpenuhi sebelum melakukan pembangunan, seperti 3 aspek diatas.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.