Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kualitas yang harus Dimiliki Ahli Struktur

Ahli struktur adalah bagian dari ilmu teknik sipil yang bekerja khusus dalam desain struktural. Untuk menjamin suatu struktur tersebut aman, maka diperlukan kualitas yang harus dimiliki ahli struktur tersebut.

Structure Engineer
Engineer. (via: newcivilengineer.com)
Rekayasa struktural melibatkan analisis dan desain struktur yang mampu menahan beban di kondisi operasi dan di lingkungan manapun. 


Insinyur struktural bisa bekerja sama dengan ahli teknik lainnya maupun berbagai disiplin ilmu tergantung proyek yang sedang dikerjakan. Para profesional terlibat dalam suatu proyek dari tahapan awal sampai akhir.

Untuk menjadi ahli struktur yang hebat, maka seseorang harus memiliki kualitas-kualitas di bawah ini. Simak baik-baik.

Kreatif
Ahli struktur bertugas menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk merancang struktur yang kuat dan fleksibel dalam menahan gaya yang terjadi. 


Pekerjaan mereka diharuskan bisa menjamin kekuatan suatu struktur bisa aman, tidak roboh dan membuat risiko yang berbahaya. Memiliki nilai kualitas kreatif adalah suatu keharusan agar bisa menciptakan struktur yang aman, berfungsi dengan baik dan ekonomis.

Pemain tim
Pekerjaan ahli struktur memastikan mereka bekerja pada suatu proyek dengan ahli atau profesional dalam berbagai bidang. Ahli teknik, arsitek, dan disiplin ilmu lainnya akan bekerja sama dan mempunyai hubungan yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan proyek. 


Selain dituntut bekerjasama dengan tim, ahli struktur juga harus bisa berpadu dengan rekan kerjanya dari awal sampai selesai sehingga suatu proyek bisa sukses dan selesai dalam waktu yang tepat.

Pemecah masalah
Saat bekerja, ahli struktur bisa saja menemui berbagai macam kondisi yang tidak terduga. Kondisi ini bisa saja tidak menguntungkan. 


Mungkin saja di lapangan tidak adanya teknologi yang di pakai sehingga dia harus tetap melanjutkan tugas dengan kemampuan dan pengetahuannya. Kondisi ini bisa terkait lokasi yang tidak menguntungkan atau mendapatkan tantangan desain struktur yang unik. 

Di lain kasus, pernah ahli struktur diminta untuk menilai suatu bangunan lama/tua tentang kemampuan struktur tersebut dalam menahan beban yang tidak diperhitungkan saat konstruksi berlangsung. Ahli struktur yang berkualitas harus mampu memberikan solusi cepat untuk masalah ini.

Teliti
Sebagai ahli struktur dituntut harus teliti dalam bekerja karena kesalahan kecil saja bisa membuat masalah seperti keruntuhan atau gagalnya suatu konstruksi. 


Ahli struktur yang baik setia pada detail kebenaran hitungannnya. Pertimbangan utama dari suatu struktur harus selalu menjadi prioritas seperti dalam merancang kerangka struktur.

Semangat belajar
Proyek rekayasa struktural melibatkan banyak hal yaitu:
  • Mendesain model struktur dengan aplikasi komputer seperti SAP2000
  • Memastikan peraturan kesehatan dan keselamatan dilaksanakan
  • Mengawasi proyek
  • Memperbarui informasi proyek ke klien
  • Memberi rekomendasi bahan struktural terbaik
Selanjutnya, ahli struktur dituntut memiliki relasi dan wawasan yang luas di bidang lain tidak hanya di bidang teknik saja. Ahli struktur juga harus mengikuti perkembangan tentang penelitian, informasi dan teknologi terbaru.

Berpikir out of the box
Ahli struktur harus mampu memisahkan imajinasi atau perasaannya dengan logika tentang suatu masalah. Tidak ada masalah di proyek yang tidak ada solusinya. Itulah tujuan belajar teknik dalam fase desain dan skema yang sistematis.

Menjadi mitra
Berani bekerja sesuai porsinya. Walaupun ahli struktur dituntunt untuk memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja, tetapi memposisikan diri sebagai mitra itu penting supaya rekan kerja bisa mengembangkan potensi mereka tanpa selalu keseringan meminta pertolongan dan pada akhirnya kurang bertanggung jawab.

Koneksi yang baik
Setelah suatu proyek selesai bukan berarti suatu hubungan relasi kerja sebatas itu saja. 


Ahli struktur harus tetap menjalin baik koneksinya yang mungkin di masa selanjutnya bisa bekerja sama tanpa harus mencari orang baru yang belum tahu riwayat kerjanya.

Berupaya untuk beda
Ketika bekerja, bisa saja ahli struktur bertemu dengan ahli struktur lainnya. Ketika kemampuan dan pengetahuan dalam kualifikasi yang sama, maka ahli struktur harus berupaya membedakan diri dalam artian mempunyai nilai jual yang tidak setiap ahli struktur memilikinya.

Berani jujur
Tidak terlepas kemungkinan, ahli struktur mendapatkan pekerjaan yang seharusnya mereka tidak dibutuhkan. 


Maka, dalam hal ini mereka harus berani mengatakan bahwa mereka tidak diperlukan pada proyek tersebut. jujur dalam hal ini juga termasuk masalah desain atau rancangan yang tidak dilebih-lebihkan.

Kesimpulannya, ahli struktural bisa sukses dalam berkarir dengan kualitas dan kualifikasi yang tepat jika ia mampu terus mengeksploitasi bakat dan usahanya. Lebih lanjut lagi, tidak lupa pula seorang ahil struktur belajar dari pengalaman yang telah diperoleh pada tahap awal bekerja yang akan menyebabkan meningkatnya karir mereka.
Gedung Pencakar Langit
Gedung Pencakar Langit, Karya Ahli Struktur. (via: pinterest.sch)
*Ini semata-mata berdasarkan pengetahuan, observasi dan interpretasi yang terbatas.

2 komentar untuk "10 Kualitas yang harus Dimiliki Ahli Struktur"

  1. mantap gan ane juga orang teknik.... lanjutkan gan..
    nb : www.memoindo.com sudah muncul gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan semangat!
      ---
      btw website ny keren gan.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.