Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia 2019

Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia 2019 (Litbang Pu) ini dibuat untuk melengkapi desain perencanaan struktur tahan gempa karena di Indonesia sendiri sudah ada peta sumber dan bahaya gempa tahun 2017 dan SNI 1729:2019 tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa struktur bangunan gedung dan non gedung. Dengan adanya aplikasi berbasi web ini, perencana hanya perlu memasukkan data input lokasi, bisa berupa koordinat lintang-bujur atau nama kota, maka otomatis nanti akan muncul hasil desain kurva spektra untuk berbagai jenis tanah berdasarkan lokasi yang akan dibangun.

Sebenarnya tanpa aplikasi ini pun, sebagian engineer sudah bisa membuat desain spektra dengan cara manual di Ms. Excel, akan tetapi kurang praktis. Jadi, opsi terbaiknya bisa langsung saja memanfaatkan aplikasi ini.

Dalam memperhitungkan beban gempa, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:
  • Nilai Spektrum Respons Desain Indonesia pada aplikasi ini, hanya untuk perhitungan pada bangunan berdasarkan SNI 1726:2019.
  • Untuk nilai Spektrum Respons Desain di area dengan spektrum Respons percepatan konstan sampai yang berdekatan dengan sesar aktif, harus dilakukan pengecekan.
  • Seluruh akibat dari penggunaan hasil aplikasi ini adalah tanggung jawab penuh dari pengguna masing-masing.
Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia
Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia,
Adapun tata cara penggunaan Aplikasi ini, sudah disediakan oleh PUPR buku manualnya dengan isinya yaitu:
  1. Akses Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia 2019
  2. Tahapan Penggunaan Aplikasi Online Spektrum Respons Desain Indonesia 2019
  3. Informasi Data Spektrum Respons Desain

Buku panduan di atas juga bisa kamu download di sini: Manual Aplikasi Online Spektrum Respons Desain Indonesia 2019

Kabar baiknya, kamu juga bisa mendownload aplikasi spektrum respons desain ini dengan cara klik melalui tombol di bawah ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke rekan teknik lainnya, yang mungkin sedang membutuhkan aplikasi ini.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Spektrum Respons Desain Indonesia 2019"