Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Faktor Penentu Keberhasilan Proyek Konstruksi

Di dalam proyek konstruksi melibatkan beberapa hal untuk menyelesai suatu proyek yang sedang dikerjakan. 5 Hal ini saling membutuhkan dan sangat krusial perannya dari suatu proyek konstruksi. Yuk, simak apa saja yang menjadi faktor penentu keberhasilan proyek konstruksi.

Untuk kalian yang ingin lebih paham mengenai apa itu proyek konstruksi bisa membaca artikel terkait proyek konstruksi.

Faktor Kesuksesan Proyek
Faktor Kesuksesan Proyek. (via: extiro.com)
1. Sumber Daya Manusia
Untuk menyelenggarakan proyek salah satu sumber daya yang menjadi faktor penentu keberhasilannya adalah tenaga kerja. Keperluan rata-rata jumlah tenaga kerja dapat dinyatakan dalam jam orang, atau bulan orang dibagi dalam kurun waktu pelaksanaan. Untuk merencanakan tenaga kerja proyek yang realistis perlu diperhatikan bermacam-macam faktor, yaitu produktivitas tenaga kerja, meratakan jumlah tenaga kerja guna mencegah gejolak (fluctuation) yang tajam. 

2. Material 
Pemakaian material merupakan bagian terpenting yang mempunyai prosentase yang cukup besar dari total biaya proyek. Beberapa penelitian menyatakan bahwa biaya material  menyerap 50 -70% dari biaya proyek.

3. Peralatan
Salah satu sumber daya terpenting yang harus tersedia pada saat melaksanakan kegiatan proyek adalah peralatan konstruksi. Berbagai jenis dan ukuran dari peralatan yang hendak digunakan harus tersedia dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.   

4. Perkiraan Biaya Proyek
Perkiraan biaya adalah memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang diperlukan untuk sesuatu kegiatan yang didasarkan atas informasi yang tersedia pada waktu itu. Menyusun perkiraan biaya berarti melihat masa depan, memperhitungkan, dan mengadakan prakiraan atas hal-hal yang akan dan mungkin terjadi. 

5. Rencana Anggaran Biaya
Rencana anggaran biaya yaitu perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya lain pelaksanaan proyek: RAB = (Volume x Harga Satuan Pekerjaan).

Nah, itu tadilah beberapa menurut kami yang menjadi penentu keberhasilan dalam proyek konstruksi. Bagaimana pendapat kalian? ada tambahan?

Posting Komentar untuk "5 Hal Faktor Penentu Keberhasilan Proyek Konstruksi"