Perbandingan Biaya Struktur Metode Precast dan Konvensional


Halo teman pembaca yang budiman, pada postingan ini ruang sipil akan membahas mengenai perbandingan biaya struktur metode precast dan metode konvensional

Postingan ini dibuat atas dasar permintaan dari seorang follower di instagram ruang sipil yang menginginkan materi ini untuk dibahas. 

Semoga bisa materi ini bisa mencerahkan yah.

Perbandingan Biaya Struktur Metode Precast dan Konvensional
Perbandingan Biaya Struktur Metode Precast dan Konvensional
Pada kesempatan sebelumnya blog ruang sipil telah membahas beberapa materi yang berkaitan dengan beton precast dan konvensional. Materi terkait bisa dibaca pada link berikut ini:

Untuk teman-teman yang masih belum tahu apa itu struktur precast dan konvensional, secara sederhana kami memberi pemahaman bahwa struktur precast merupakan struktur yang telah dibuat secara fabrikasi sedangkan konvensional dibuat secara langsung di lapangan (in situ).

Dalam memberi perbandingan biaya antara kedua jenis struktur ini, kami hanya akan memberi contoh perbandingan untuk beberapa struktur yaitu half slab, balok, kolom dan pelat.

Pada tipe struktur half slab


Lebih murah metode precast dengan selisih biaya sebesar 21.113%. penyebab terbesarnya perbedaan biaya adalah biaya pekerjaan bekisting pelat konvensional yang sangat besar bila dibandingkan dengan biaya pekerjaan bekisting precast hal slab, berdasarkan Romi., M. dkk. 2016 pada Perbandingan Sistem Struktur dan Biaya Pelat Lantai Metode Precast Half Slab dan Metode Konvensional.

Baca di sini: https://media.neliti.com/media/publications/202720-perbandingan-sistem-struktur-dan-biaya-p.pdf.

Pada tipe struktur balok


Lebih murah metode konvensional dengan selisih biaya sebesar 20.47%. penyebab terbesarnya perbedaan biaya adalah tidak dijelaskan, namun dengan penggunaan metode precast terbukti pekerjaan lebih cepat selesai 20% dibandingkan metode konvensional, berdasarkan Frederika,. A. dkk. 2014 pada Perbandingan Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Balok Struktur Beton Gedung antara Metode Konvensional dan Precast.

Selengkapnya di sini: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/30555.

Pada tipe struktur Lantai, Balok dan Kolom


Lebih murah metode precast dengan selisih biaya sebesar 13.99% ; 9.71% ; dan 8.01% pada model gedung dengan bentang 4 m, 5 m dan 6 m. beberapa penyebab perbedaan biaya adalah desain struktur, faktor kenyamanan dan beban yang diterima, berdasarkan Tanjaya,. A. dkk. pada Analisa Perbandingan Biaya antara Sistem Portal Menggunakan Lantai Konvensional dan Lantai Pracetak pada Rukan.


Demikian, Pembahasan mengenai Perbandingan Biaya Struktur Metode Precast dan Konvensional. Semoga Bermanfaat.

Jangan lupa share jika tulisan ini bermanfaat dan silahkan berkomentar untuk memberi pendapat, kritik atau saran. Terima Kasih. Salam Teknik!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Biaya Struktur Metode Precast dan Konvensional"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertising