Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Insinyur Teknik Sipil Memegang Peranan Masa Depan!

Kok bisa sih? Insinyur teknik sipil yang akan memegang perananan di masa depan… Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul dipikiranmu. Sebagian besar orang menganggap dunia teknik, terkhusus teknik sipil itu membosankan. 
Insinyur Teknik Sipil di masa depan
Calon Pemimpin Masa Depan, Insinyur Teknik Sipil. (via: earlychildtrainingcenter.com)
Lebih lagi masih ada anggapan bahwa bidang ini hanyalah menjadi pelengkap atau penunjang kualitas hidup manusia.

Tapi jangan salah loh? Ilmu teknik sipil itu ternyata banyak karyanya yang berperan penting dalam kehidupan. Saya yakin kamu belum sadar juga.

Melalui postingan ini, saya ingin menyampaikan betapa seorang insiyur teknik sipil berkonstribusi penting dalam kehidupan manusia dari karyanya yang tidak kamu ketahui selama ini. Secara tidak langsung kamu telah menikmati hasil kerja keras mereka.

Normalnya, mungkin masyarakat saat ini lebih senang, excited! jika mendengar kabar berita mengenai Android terbaru, mobil terbang, kendaraan tanpa pengemudi, roket NASA, kecerdasan buatan, atau bahkan sekedar mendengar berita viral seorang anak kecil bermain aplikasi musik.

Sebaliknya, tahukah kamu bahwa gedung pencakar langit, jembatan antar pulau, jalan menembus bukit, bendungan air di Belanda, reklamasi pulau, pola lalu lintas, jalan-jalan tol, jalur LRT dan masih banyak lainnya. Lalu, apakah engineer sipil membosankan? atau malah lebih banyak membawa manfaat?

Jawabannya, tentu bagi saya, teknik sipil itu tidak membosankan dan membawa kebermanfaatan.

Untuk saat ini, biarkan pikiran kamu berjalan sedikit lebih dalam, perlahan menuju setiap nilai kenyataan, banyaknya karya dan manfaat dari seorang lulusan jurusan teknik sipil serta pikiran positif seterusnya.

All about Civil Engineering
All about Civil Engineering.

Di masa 5 tahun pemerintahan sekarang, yang notaben-nya pro terhadap infrastruktur, telah menyelesaikan proyek-proyek penting dari kota sampai pelosok negeri. ‘Inovasi’ pemerintah sekarang telah menjadi salah satu tolak ukur untuk kemajuan negeri ini dan kemakmuran rakyatnya. Dari sini saja, sudah terlihat dampak besar ilmu teknik sipil pada kualitas hidup khalayak ramai.

Lebih lanjut lagi, saya masih ingin memberi alasan disertai ulasan, mengapa teknik sipil itu akan memegang peranan masa depan? dan tentunya tidak membosankan.

Mari simak baik-baik ilustrasi ini.

Sebutkan salah satu sumber daya paling penting di bumi ini? Air.
Siapa yang mencari cara untuk mendapatkan air dari titik A ke titik B? Insinyur teknik sipil.

Daerah kami sangat tertinggal. Infrastrukturnya sudah tua dan rusak. Jembatan, bandara dan jalan… pekerjaan siapa untuk mendesain, membuat dan melaksanakan infrastruktur yang lebih baik? Insinyur teknik sipil.

Dunia tanpa teknik sipil
Dunia tanpa teknik sipil. (via: gineersnow.com)

Urbanisasi berarti kita memilih lebih sedikit lahan untuk dibangun. Jadi bangunannya harus keatas dan lebih tinggi. Siapa yang mendesain bangunan sangat tinggi? Insinyur teknik sipl.

Kemacetan lalu lintas sesak dengan pengendara nakal dan kendaraan pribadi. Kemudian, menjadi sumber kemarahan. Lalu, apa yang kita butuhkan untuk menikmati kota-kota dengan transportasi publik yang maju? Lebih sedikit kecelakaan? dan lebih sedikit polusi lalu lintas? Ini di atur oleh Teknik lalu lintas. Bidang pekerjaan siapa itu? Civil Engineer.

Ada riset tentang bangunan adalah penyumbang gas rumah kaca terbesar. Bukan peternakan masal di Amerika. Siapa yang memiliki kemampuan untuk membuat bangunan lebih ramah lingkungan? Insinyur sipil.

Untuk mencapai istilah ‘smart planet’, kita perlu kota-kota cerdas yang diisi bangunan-bangunan ‘pintar’. Siapa yang membangun bangunan pintar itu? Insinyur sipil.

Bisa dianggap bahwa semua orang terbaik salah satu sumbernya adalah insinyur teknik sipil. Setuju ya.

Saya seorang sarjana teknik sipil tetapi keluarga saya lainnya tidak ada yang mengambil bidang ini. Alhasil, saya lebih banyak mencari tahu di luar dan menganggap mereka, pecinta ilmu teknik sipil adalah semua orang terbaik. 

Sudah banyak ditemui di lapangan dan di kampus. Secara tidak langsung merasa dibina oleh ‘mereka’ dan menjadi sumber ilmu serta inspirasi.

Ilustrasi menarik lainnya.

Di perjalanan kereta api. Penumpang tidak sadar barusan menyeberangi jurang. Mengerikan sekali kalau jatuh. Iya, ekstrim kalau jatuh ke jurang. Tapi, itu anak teknik sipil yang merancang jembatannya supaya kuat. (Alhamdulillah)

Di perjalanan bus versi jawa timur. Mitosnya, bus ini serem dan merajai jalanan. Tanpa disadari penumpang, kalau bus mengebut dengan kecepatan 170 km/jam di tikungan. Tapi, kok tidak seperti di tikungan. Itu kami yang merencanakan kemiringan jalannya. (kagum)

Saat pesawat landing dengan keras. Sial! Maskapai ini tidak becus pilotnya untung ada orang sipil yang sudah mendesain landasan pacunya supaya kuat. (Wuih!)

Di kapal penyeberangan selat sunda. Kalau insinyur sipil tidak membangun dermaganya, mau kemana kapal ini ditambatkan? (puitis)

Mungkin untuk anak teknik sipil lainnya bisa tambahkan cerita versimu di kolom komentar.

Balik lagi ke orang yang saya anggap telah membina ini.

Lingkungan binaan ini bagi saya adalah ‘industri’ yang besar. Mereka terus ikut berinovasi menyesuaikan kebutuhan zaman. Seperti ekosistem, para ahli teknik, designer bahkan tukang bangunan sekalipun, mereka adalah bagiannya.

Oleh karena itu, saatnya para insinyur teknik sipil melangkah dan memimpin dalam upaya untuk menciptakan, menciptakan dan menciptakan hal-hal inovativ untuk kemajuan serta membuat perbedaan ke arah yang lebih baik.

Insinyur Konstruksi
Insinyur Konstruksi.

Manfaatkan kemampuan dan ilmu untuk terus memajukan dunia sipil ke arah yang lebih baik.

Pada akhirnya, kami berharap kamu bisa mempertimbangkan kami orang teknik sipil untuk memegang peranan di masa depan. Ini bukan perihal minta 'jabatan' tapi masalah kemajuan kehidupan.

Semangat! Salam damai.

2 komentar untuk "Insinyur Teknik Sipil Memegang Peranan Masa Depan!"

  1. Rasanya semua bidang ilmu penting mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener juga mas. Kebetulan aja postingan ini ambil sudut pandangnya dari teknik sipil hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.