Dampak Akar Pohon Terhadap Bangunan yang Penting Untuk Diketahui

Apa sih pengaruh akar pohon terhadap bangunan?
Pohon yang tumbuh cepat dekat dengan bangunan dapat menyebabkan tanah yang tidak merata ketika akar pohon aktif mengeringkan tanah yang menyebabkan penyusutan tanah atau terjadinya kenaikan tanah. Tanah yang kembang susut mempengaruhi daya dukung dan menyebabkan gerakan pada pondasi bangunan, terutama pada pondasi dangkal.

Dampak Akar Pohon Terhadap Bangunan yang Penting Untuk Diketahui
Dampak Akar Pohon Terhadap Bangunan yang Penting Untuk Diketahui
Tanah yang kembang susut mempengaruhi daya dukung dan menyebabkan gerakan pada pondasi bangunan, terutama pada pondasi dangkal.


Akar pohon dapat tumbuh dengan jarak yang jauh dan dapat menambahkan/mengesktrak kelembaban sedalam kurang lebih 6 m di bawah permukaan. Oleh karena itu perlu untuk membuat survei yang akurat tentang posisi akar dan memperoleh rincian jenis pohon dan pada saat yang sama, kita bisa menentukan apakah pohon tersebut menyebabkan kerusakan atau tidak.

Bagaimana menghindari masalah akibat akar pohon?
Salah satu cara untuk menghidar masalah akar dari pohon adalah dengan menjaga jarak aman antara pohon dan bangunan. Beberapa jenis pohon cenderung menyebabkan lebih banyak masalah. 

Pada tabel di bawah menunjukkan berbagai jenis pohon yang diketahui telah menyebabkan kerusakan. Notasi H menunjukkan tinggi sehingga nilai angka dikalikan dengan tinggi pohon tersebut yang merupakan estimasi jarak aman.
Menjaga jarak aman antara pohon dan bangunan.

tabel estimasi jarak aman pohon terhadap bangunan
tabel estimasi jarak aman pohon terhadap bangunan

Bangunan juga bisa rusak ketika pohon-pohon yang sudah ada sejak lama dihilangkan. Tekananan yang dihasilkan mempunyai dampak terhadap tanah disekitar baik secara vertikal maupun horizontal.

Biasanya tanda kerusakan ditandai dengan berbagai kerusakan seperti keretakan pada pondasi, dinding dan kusen. Dalam hal ini, kadang pemindahan/penghilangan pohon juga malah menimbulkan masalah.

GRATIS! Dapatkan update artikel terbaru RUANG-SIPIL:

2 Responses to "Dampak Akar Pohon Terhadap Bangunan yang Penting Untuk Diketahui"

  1. Jaga jarak antara pohon dan bangunan penting tuh gan,,,rumah ane pernah ada tanaman tumbuh ditengah ruangan ternyata akarnya ada dibawah pondasi.rumah dan tumbuh keatas sampe ruang tamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jadi repot kalo gtu gan. bisa ada masalah kalo pondasi ny ga kuat. sebaiknya akar pohon segera di cabut jika perlu.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel