Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah dan Cepat Edit Grid Data pada SAP2000

Bagi teman-teman semua yang sudah akrab dengan aplikasi SAP2000, tentu mengetahui juga tentang tahapan dalam pengoperasian SAP2000. Salah satu tahapan awal biasanya adalah meng-edit grid data. 


Edit grid data yang dimaksud adalah garis-garis yang muncul pada saat penggambaran pemodelan struktur di SAP2000 menyesuaikan dengan gambar yang telah direncanakan oleh arsitek atau insinyur sipil.




Berikut dibawah ini akan dijelaskan cara mudah dan cepat untuk edit grid data versi penulis. Jadi, untuk teman-teman semua yang membaca blog ini yang punya cara lain, bisa beri komentar di bawah.

1. Mengukur jarak antar struktur di AUTOCAD
Ukur terlebih dahulu jarak struktur pada file gambar yang kamu miliki, baik itu berupa file gambar dari AutoCAD atau gambar yang telah di-print.
ukur jarak struktur di autocad
ukur jarak struktur di autocad

2. Meng-copy template edit grid data dari SAP2000 ke Ms. Excel
Buka menu edit grid data pada SAP2000 dengan cara klik kanan, klik edit grid data. kemudian copy semua data grid yang ada ke microsoft excel atau aplikasi sejenis.
copy template grid
copy template grid ke ms. excel dari sap2000


3. Memasukkan data jarak dari AUTOCAD ke Ms.Excel

Mulai masukkan data jarak struktur yang telah didapat pada tahapan 1, kemudian masukkan data itu ke microsoft excel sesuai kolomnya.
input data jarak
input data jarak ke ms. excel dari autocad
4. Copy template edit grid data ke SAP2000
Jika sudah selesai mengedit data di ms. excel, maka kamu bisa menggunakan data tersebut untuk dimasukkan ke aplikasi SAP2000 kembali.
copy template edit grid
copy template edit grid data ke sap2000

Cara ini akan sangat efektif jika teman-teman semua sedang dalam pengerjaan sebuah penelitian yang membandingkan Gedung yang sama dengan analisis yang berbeda atau sangat tepat jika tidak ingin ribet melihat AUTOCAD – SAP2000 dengan sibuk gonta-ganti tab antar kedua aplikasi. Dengan cara ini kita cukup copy template edit grid data dari Ms. Excel ke SAP2000.


Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah dan Cepat Edit Grid Data pada SAP2000"