9 Aplikasi Teknik Sipil yang harus kamu ketahui

Bagi teman-teman semua yang berniat untuk kuliah di Teknik Sipil, mungkin penasaran dengan aplikasi apa saja yang digunakan pada saat perkuliahan maupun di dunia kerja nantinya. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa aplikasi Teknik Sipil yang harus kamu ketahui agar setelah lulus punya keahlian yang mumpuni.


1. Autocad

Autocad adalah produk dari Autodesk merupakan software dasar yang harus dikuasai oleh engineer serta drafter. Dengan autocad, gambar teknik seperti gambar desain, gambar fabrikasi, gambar pemasangan dan lain sebagainya dapat dihasilkan. Selain gambar – gambar tersebut, autocad juga mampu menampilkan 3D modeling dari sebuah bangunan. Autocad dapat terintegrasi dengan software lainnya seperti: Staadpro, SAP2000 dan ETABS.


Aplikasi Teknik Sipil - AutoCAD
AutoCAD

2. Staadpro

Staadpro merupakan software keluaran dari salah satu produk Bentley. Software ini digunakan untuk analisis sebuah struktur bangunan. Dalam dunia engineering, staadpro lebih sering digunakan oleh perusahan-perusahan EPC yang bergerak dibidang petrochemical serta bidang minyak dan gas. 

Misal untuk menganalisa sebuah struktur piperack, jetty, shelter dan lain sebagainya. Bahkan dibeberapa perusahaan EPC Staad digunakan untuk menganalisa platform/topside pada bangunan offshore, luar biasa!


Aplikasi Teknik Sipil - Staad.Pro
Staad.Pro

3. SAP2000


Sama halnya dengan staadpro, SAP2000 juga merupakan software yang berbasis analisa struktur. Produk keluaran CSi ini sering digunakan untuk menghitung bangunan gedung, jembatan serta bendungan. Dilengkapi feature yang lengkap, SAP2000 sangat powerfull untuk analisa bangunan tersebut. SAP dapat terintegrasi dengan autocad, sehingga pemodelan pada SAP2000 dapat di export ke autocad.

Aplikasi Teknik Sipil - SAP2000
SAP2000

4. ETABS

Produk keluaran CSi ini bisa dikatakan adalah “saudara kandung” dari SAP2000. ETABS sendiri lebih dikhususkan untuk menganalisa struktur high-rise building. Feature untuk menganalisa struktur yang lengkap daripada SAP2000 menjadikan ETABS lebih dipilih dalam menganalisa struktur high-rise building.

Aplikasi Teknik Sipil - ETABS
ETABS

5. HEC-RAS

HEC-RAS merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran satu dimensi di sungai atau saluran, River Analysis System (RAS), dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), di bawah US Army Corps of Engineers (USACE). Fitur HEC-RAS terdiri dari empat komponen hitungan hidraulika satu dimensi, yaitu 1) hitungan profil muka air aliran permanen, 2) simulasi aliran tak permanen, 3) hitungan transpor sedimen (mobile bed, moveable boundary), dan 4) analisis kualitas air.

Aplikasi Teknik Sipil - HEC-RAS
HEC-RAS


6. AutoCAD Civil 3D

Autocad Civil 3D merupakan perangkat terbaru untuk memberikan suatu solusi yang inovatif, menjadi proses perancangan civil engineering dan site development jauh lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak untuk mencari solusi dan mempersingkat waktu proyek secara keseluruhan. 

Biasanya mereka yang menggunakan Civil 3D bagi mereka yang bekerja di pertambangan, pemipaan, dan lain-lain. Selain itu juga aplikasi ini bisa juga untuk merancang secara penuh dalam perancangan jalan.


Aplikasi Teknik Sipil - AutoCAD Civil 3D
AutoCAD Civil 3D

7. Plaxis

Plaxis adalah salah satu program aplikasi komputer berdasarkan metode elemen hingga dua dimensi yang digunakan secara khusus untuk menganalisis deformasi dan stabilitas untuk berbagai aplikasi dalam bidang geoteknik, seperti daya dukung tanah. 

Kondisi sesungguhnya dapat dimodelkan dalam regangan bidang maupun secara axisymetris. Program ini menerapkan metode antarmuka grafis yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat dengan cepat membuat model geometri dan jaring elemen berdasarkan penampang melintang dari kondisi yang ingin dianalisis. 

Program ini terdiri dari  empat buah sub-program yaitu masukan, perhitungan,  keluaran, dan kurva. Kondisi di lapangan yang disimulasikan ke dalam program Plaxis ini bertujuan untuk mengimplementasikan tahapan pelaksanaan di lapangan ke dalam tahapan pengerjaan pada program, dengan harapan pelaksanaan di lapangan dapat didekati sedekat mungkin pada program, sehingga respon yang dihasilkan dari program dapat diasumsikan sebagai cerminan dari kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan.


Aplikasi Teknik Sipil - Plaxis
Plaxis

8. SketchUp

Sketchup merupakan sebuah aplikasi CAD yang memungkinkan anda untuk mendesain objek 3 dimensi dengan lebih cepat dan mudah. Aplikasi Sketchup pun sering digunakan dalam dunia pekerjaan, terutama pada sektor arsitektur dan desain grafis. 

Penemu aplikasi sketchup yaitu Brad Schell dan Joe Esch dan dikembangkan lebih lanjut oleh @Last Software di tahun 1999. Di tahun 2000, aplikasi Sketchup resmi dirilis dengan sebuah slogan 3D for Everyone yang bermaksud agar setiap desainer mampu mengaplikasikan karya-karya 3 dimensi dengan lebih mudah dan tanpa kesulitan yang berarti. 

Pada tahun 2006 @Last Software mendapat perhatian lebih dari Goolge setelah mereka mengembangkan plugin yang mampu memberikan efek 3D secara realistis pada Google Earth. Dan pada tanggal 14 Maret 2006 secara resmi google mengakuisisi @Last Software.


Aplikasi Teknik Sipil - SketchUp
SketchUp

9. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D merupakan sebuah aplikasi desain rumah dan interiror untuk PC yang akan membantu kamu dengan cepat menggambar denah rumah, mengatur furnitur di dalamnya, dan melihat hasilnya dalam 3D.

Aplikasi Teknik Sipil - Sweet Home 3D
Sweet Home 3D

Demikian, beberapa aplikasi yang biasa digunakan. Jika teman-teman mengetahui aplikasi teknik sipil yang tidak disebutkan diatas, bisa bagikan informasinya di kolom komentar dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "9 Aplikasi Teknik Sipil yang harus kamu ketahui"

  1. Maaf min saya masih pemula bukannya semua aplikasi di atas hanya untuk editing gambar saja..memang klo kuliah ngambil jurusan teknik sipil memerlukan aplikasi seperti editing gambar..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi di atas tidak semuanya aplikasi gambar, beberapa merupakan aplikasi permodelan dan perhitungan (struktur, geoteknik, jalan).

      iya, kuliah di jurusan teknik sipil tentu memerlukan aplikasi gambar. terutama gambar teknik. paling terkenal yaitu AutoCAD.

      Delete
  2. Saya autocad belajar otodidak, alhamdulillah sekarang masih belum bisa menggunakannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus belajar dan tetap semangat bro sigit!

      Delete
  3. Sebenarnya masih pemula saya min tapi ya saya akan mempelajari aplikasi-aplikasi tersebut agar tahu mengenai teknik sipil lebih lanjut. Thanks min.

    ReplyDelete
  4. AutoCAD penting banget sih ini. Bukan cuma buat anak sipil, banyak disiplin ilmu lain juga pakai aplikasi ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel