Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik


Panduan lengkap memahami gambar teknik merupakan cara untuk memahami gambar teknik. Mulai dari pengertian gambar teknik, standarisasi, fungsi, alat-alat dan aplikasi gambar teknik.

Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik
Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik. (sumber: educationcareercenter.com)

Gambar teknik merupakan seperti bahasa di kalangan ahli teknik dalam komunikasinya yang melibatkan gambar teknik. Suatu proyek perancangan yang ditangani berbagai ahli teknik mulai dari arsitek, teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro dan teknik lainnya membutuhkan bahasa teknik yang bisa menyampaikan kehendak atau gagasan seorang insinyur teknik.

Bagi kamu mungkin sudah biasa dan mudah memahami gambar teknik. Akan tetapi, kamu tetap harus sadari belum tentu lawan bicara atau rekan kerja mu bisa mengerti yang kamu maksud. Oleh karena itu, ada baiknya anda mempelajari gambar teknik dengan baik agar bahasa teknik bisa tersampaikan dengan baik yang berdampak pada kesuksesan proyek tersebut.

Definisi gambar teknik
Gambar teknik adalah suatu gambar yang bisa dijadikan rujukan dalam melaksanakan perintah teknis hasil dari sebuah perancangan atau desain seorang insinyur teknik.

Gambar tersebut harus memenuhi berbagai syarat dan ketentuan sesuai dengan jenis proyek yang sedang digarap dan biasanya dilengkapi dengan simbol-simbol, lambang dan keterangan khusus yang bisa menunjang kejelasan suatu desain perancangan.

Detail gambar teknik itu hukumnya wajib. Insinyur teknik harus dapat memahami gambar teknik yang sudah jadi dari seorang drafter. Maka, tentu drafter juga sangat berperan penting dalam hal ini dan dituntut mempunyai kemampuan gambar yang mumpuni.

Fungsi gambar teknik

  • Bahasa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gambar teknik diperlakukan sebagai bahasa di kalangan ahli teknik. Hendaknya, dengan gambar ini suatu proyek bisa diterapkan idenya di lapangan melalui gambar teknik.
  • Media informasi

Media informasi maksudnya adalah gambar teknik bisa menjelaskan secara lengkap dan mudah kepada orang-orang yang membutuh informasi terkait proyek yang akan dan/atau sedang berlangsung. Bisa jadi, kaum jurnalis membutuhkan info tersebut untuk kepentingan publikasi berita atau pejabat pemerintah yang sedang meninjau proyek di lapangan.
  • Dokumentasi

Dokumentasi tidak selalu dalam bentuk foto, ada juga dokumentasi gambar teknik yang banyak guna nantinya. Misalnya, untuk sebuah penelitian, pengurusan izin proyek, dan bahan belajar serta referensi pribadi.
  • Evaluasi

Terkait dengan evaluasi artinya gambar teknik bisa dijadikan salah satu bahan sumber informasi untuk evaluasi proyek. Baik itu evaluasi jika terjadi kegagalan dan evaluasi untuk proyek yang lebih baik kedepannya sekaligus evaluasi pekerja yang ada.

Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik
Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik. (sumber: courseafter10th.com)

Standarisasi gambar teknik
Dalam menentukan standar teknik, setiap negara sebenarnya mempunyai standarnya masing-masing. Indonesia mempunyai standarisai gambar teknik melalui SNI.

Oleh karena perkembangan industri teknik yang pesat, maka proyek teknik melibatkan berbagai negara. Berbagai latar belakang teknik tersebut tetap bisa berkomunikasi teknik secara langsung yang ditetapkan melalui standarisasi internasional seperti ISO/TC 10. 

ISO adalah suatu badan atau organisasi yang mengatur detail ketentuan gambar teknik agar bisa dipahami oleh semua negara sehingga gambar teknik yang berstandar ISO bisa menjadi bahasa teknik internasional.

Alat-alat gambar teknik
Saat ini sudah jarang orang yang menggambar dengan alat-alat gambar teknik manual. Kebanyakan sudah berpindah ke software komputer dalam membuat gambar teknik. Sekedar menambahkan informasi, berikut alat-alat gambar teknik manual yang wajib kamu ketahui.

Penggaris (T, siku, bulat), busur, jangka, mal gambar, pensil gambar, rapido, papan, kertas gambar, meja gambar, dll.

Aplikasi gambar teknik
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini sudah banyak yang berpindah ke software komputer. Diantara aplikasi yang bisa membuat gambar teknik adalah aplikasi Computer Aided Design atau dikenal CAD.

Jenis aplikasi CAD banyak macamnya dan yang paling terkenal adalah AutoCAD. Kamu bisa mempelajari aplikasi ini dengan mudah melalui tutorial di internet diantaranya ada pada blog ini, yang bisa di baca disini. Selain itu kamu akan lebih mahir jika mau mengeluarkan biaya lebih untuk kursus langsung dengan ahli autocad.

Mempelajari autocad sangat direkomendasikan bagi kamu yang belum bisa atau kamu adalah seorang mahasiswa teknik.

Sekian dulu. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Panduan Lengkap Memahami Gambar Teknik"

  1. Definisinya jelas, gampang dingerti, bikin contohnya dong gan kapan2 :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertising