Keunggulan Rumah Prefabrikasi | Lebih Praktis & Murah?


Rumah Prefabrikasi - Meski belum begitu popular di Indonesia, namun rumah jenis ini sudah banyak diterapkan di beberapa negara karena praktis dan hemat waktu pembangunan. 

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu Rumah Prefabrikasi, saya sarankan untuk membaca postingan sebelumnya yaitu Apa itu Rumah Prefabrikasi. 


Keunggulan Rumah Prefabrikasi.
Keunggulan Rumah Prefabrikasi. (sumber: roarhitect.ro)
Rumah Prefabrikasi pasti mempunyai banyak manfaat yang diperoleh, diantaranya:

1. Hemat Biaya

Di tengah keterbatasan lahan dan material alam yang semakin menipis akibat eksploitasi yang terus menerus, rumah ini menjadi pilihan tepat karena material yang dipergunakan tidak perlu semuanya berasal dari alam yang harganya makin kesini kian melambung. 

Anda bisa memangkas anggaran sekitar 50% membangun rumah ini. Ini dikarenakan material bangunan sepenuhnya diproduksi oleh pabrik, dan biasanya dalam jumlah besar.

2. Pengerjaan Singkat

Rumah prefabrikasi singkat dalam pengerjaannya hampir setengah bahkan 1/3 waktu dari pembangunan rumah konvensional. Sebagai contoh rumah seluas 40m dibangun dalam jangka waktu 90 hari. 

Ini dikarenakan instalasi atau pembangunannya menggunakan mesin dan kontruksi bangunan dalam bentuk besar, dirakit dengan alat tertentu baru kemudian dipasang dengan teknik tersendiri.

3. Ramah Lingkungan

Bahan yang digunakan biasannya berasal dari bahan yang ramah lingkungan dan minim limbah sehingga bisa mengurangi emisi CO2. 

Karena rumah prefabrikasi terdiri dari modul yang bisa langsung diaplikasikan di site bangunan. Hal terpenting yang harus diperhitungkan adalah lokasi bangunan, karena sekokoh apapun bangunan tetap tergantung pada kondisi tanah dan cuaca. 

Mencegah secara dini agar bangunan tidak bergeser jauh lebih baik ketimbang mengalami kerusakan dini. Pastikan juga rumah sudah diuji dari ketahanan gempa.


5 Keunggulan Rumah Prefabrikasi
5 Keunggulan Rumah Prefabrikasi. (sumber: norgeshus.eu)

4. Hampir Serupa

Keuntungan lain yang tak kalah besar adalah kenyamanan rumah yang hampir serupa dengan rumah konvensional. 

Anda hanya perlu menyesuaikan cetakan baja bangunan yang digunakan dalam konstruksi sesuai dengan keinginan: dari ukuran, dimensi, hingga jenis pintu dan jendela. 

Anda pun dapat memilih eksterior, interior hingga segala fitur yang nantinya akan melengkapi rumah. Yang terpenting, segala keuntungan ini tidak mengurangi kekokohan rumah yang dibangun.

5. Jadwal Pembangunan Fleksibel

Pada proses pembangunan pada umumnya, jika hujan turun atau cuaca tidak mendukung, pekerjaan akan diberhentikan sehingga berpengaruh terhadap pemunduran jadwal. 

Namun pada proses pembuatan rumah prefabrikasi, kondisi ini tidak berlaku. Sebab rumah prefabrikasi dibuat di dalam lingkungan yang stabil dan terkontrol.

Demikianlah pembahasan Keunggulan Rumah Prefabrikasi. Semoga bermanfaat.

Bagi yang punya usulan mengenai materi postingan berikutnya silahkan tulis di komentar. itu akan sangat membantu. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keunggulan Rumah Prefabrikasi | Lebih Praktis & Murah?"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel