Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Rumah Prefabrikasi? | Rumah Low Budget


Rumah Prefabrikasi (prefab) adalah rumah yang terdiri dari komponen buatan/rakitan pabrik menjadi panel modular. 

Modul yang sudah siap lalu di bawa ke site bangunan kemudian disusun sesuai konsep desain. 

Rumah prefab memiliki system aplikasi yang mudah dan cepat. 

Dengan semakin padatnya penduduk dunia dan semakin parahnya kondisi alam kita, seorang arsitek harus memikirkan suatu konsep desain rumah yang benar-benar mengakomodir semua kebutuhan pemilik rumah dengan mempertimbangkan aspek lingkungan.

Rumah Prefabrikasi Sederhana
Rumah Prefabrikasi. (sumber: norgeshus-nova.com)

Sebuah rumah bisa menghabiskan begitu banyak material yang diambil dari alam dengan tidak memikirkan keseimbangan lingkungan. 

Bisa dibayangkan seandainya semua penduduk dunia membangun rumah masih memakai sistem konvensional dan memakai material alami, akan terjadi kerusakan ekologi yang berdampak terjadinya pemanasan global dan bencana alam. 

Sebagai konsultan arsitek harus turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan membuat konsep desain yang sustainable.

Mengenal Rumah Prefabrikasi

Rumah prefabrikasi bisa berbentuk rumah panggung atau langsung berpijak di permukaan tanah, seperti rumah beton saat ini. Pembangunan dimulai dengan fondasi dan leveling lantai. 

Dilanjutkan dengan pemasangan rangka dinding, partisi, atap, dan penutup atap (bila rumah hanya satu lantai). Atau, ditambah pembuatan dak, pemasangan tangga, dan railing balkon kalau bangunan dua lantai. 

Seperti panel lain, bahan dak seperti beton pracetak dibuat di pabrik. 

Selain lebih cepat, rumah yang dibangun dengan konsep ini dianggap lebih ekonomis dan efisien dibandingkan dengan rumah yang dibangun secara konvensional. 

Namun, jika ingin menerapkan bangunan prefabrikasi di Indonesia perlu ada penyesuaian dengan budaya, kontur alam setempat, dan konteks penggunaannya. 

Bangunan prefabrikasi merupakan bentuk budaya modern industri.

Bangunan ini merujuk ke rumah massal, di mana bentuk bangunan dan luasnya seragam. Bangunannya bersifat fix. 

Artinya, sering kali sudah tidak dapat diubah-ubah lagi, bukan rumah tumbuh. Sementara itu, masyarakat Indonesia lebih menyukai rumah tumbuh, di mana rumah ini bentuk dan luasnya dapat diubah di kemudian hari.

Untuk mengakomodir kebutuhan penduduk dunia akan hunian dengan mengutamakan prinsip bangunan ramah lingkungan. 

Dimana material pendukungnya berasal dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan dalam tahap pembangunannya tidak membutuhkan waktu yang lama & minim limbah sehingga bisa mengurangi emisi CO2. 

Karena rumah prefab terdiri dari modul yang langsung bisa diaplikasikan di site bangunan. 

Di sini konsultan arsitek berperan membuat desain suatu modul yang akan diaplikasikan di site bangunan dengan memikirkan kekuatan fungsi dan keindahan dari rumah prefab tersebut, sehingga memberikan tetap menghadirkan kenyamanan fungsi serta estetika pada hunian.

Konsep ini cukup berkembang di luar negeri, misalnya di Australia dan Rusia. Untuk di Indonesia sendiri, rumah prefab belum populer di khalayak umum. 

Sehingga sangat penting adanya semacam sosialisasi dan edukasi dari konsultan arsitek tentang rumah prefabrikasi kepada masyarakat luas.

Karena rumah prefab mampu menawarkan suatu konsep desain yang mengutamakan kekuatan fungsi, keindahan, ramah lingkungan dan terjangkau.

Rumah Prefabrikasi Modern
Rumah Prefabrikasi Modern. (sumber: weberhaus.co.uk)

Di Indonesia, bangunan prefabrikasi sering digunakan sebagai bangunan yang bersifat temporer. 

Biasanya difungsikan sebagai tempat tinggal sementara untuk karyawan perkebunan, pertambangan, dan proyek-proyek rekonstruksi di daerah eks bencana, seperti Yogyakarta dan Aceh.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumah Prefabrikasi. Semoga bermanfaat.

Bagi yang punya usulan mengenai materi postingan berikutnya silahkan tulis di komentar. itu akan sangat membantu. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Rumah Prefabrikasi? | Rumah Low Budget"