Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Senjata Rahasia Perencana Struktur dari Ahli Struktur

3 Senjata Rahasia Perencana Struktur – dari judulnya saja sungguh berlebihan. Ada kata-kata senjata dan rahasia. 

Tentunya pada postingan ini tidak membahas senjata dan tidak begitu juga rahasia. Sebagian besar para senior struktur di luar sana mungkin sudah jauh lebih paham mengenai hal ini.

Pernahkah di antara teman-teman semua yang membaca postingan ini, menjadi perencana struktur atau orang yang memakai jasa mereka ahli struktur. 

Saat ditawarkan pekerjaan struktur biasanya perencana struktur ini terdapat dua tipe. 

Tipe yang pertama ketika diminta menghitung struktur maka tanpa basa-basi langsung saja dengan percaya diri menerima proyek tersebut. 

Tipe yang kedua biasa ahli struktur mengajukan beberapa pertanyaan mengenai data-data dan tak jarang mengajukan beberapa syarat.

Rahasia Ahli Struktur Menang di Proyek
Perencana Struktur di lapangan. (sumber: eiffelindustries.com)
Lalu, bagaimanan menyikapi hal ini seharusnya?

Jika kamu berada pada posisi sebagai ahli struktur yang ditawarkan pekerjaan maka ada baiknya kamu bisa langsung menjawab dengan kesanggupan bahwa kamu bisa mengerjakan pekerjaan tersebut. 

Dengan catatan bahwa jenis perhitungan struktur yang ditawarkan tersebut memang kamu kuasai. 

Sebaliknya, jika kamu belum terlalu menguasai ada baiknya kamu menanyakan lebih detail atau merekomendasikan teman ahli struktur lainnya demi menjaga reputasi dan keamanan struktur.

Kemudian, jika kamu berada pada posisi klien yang membutuhkan jasa ahli struktur sebaiknya lebih mengutamakan ahli struktur yang benar-benar menguasai bidang tersebut walaupun biasanya bayaran lebih mahal. 

Namun, hal ini tidak apa-apa dibandingkan keaman struktur yang dikorbankan. 

Terlebih, jika hitungan struktur tersebut, kamu sama sekali tak menguasainya. 

Untuk klien yang sebenarnya sudah punya pemahaman mengenai struktur yang akan dikerjakan, mungkin ahli struktur tipe kedua bisa jadi pilihan kamu. 

Tentunya dalam hal ini ahli struktur tersebut bisa kamu jadikan sebagai orang yang membantu dalam proyek yang kamu kerjakan. 

Pekerjaan ini harganya akan lebih murah karena tidak sepenuhnya ahli struktur mengerjakan melainkan berkat bantuan.

Oke, dari gambaran diatas kita sudah tahu bagaimana sebenarnya dinamika yang biasa terjadi di dunia perencana struktur. 

Tetapi, pada artikel ini kita lebih fokus kepada ahli struktur tipe pertama dimana mereka bisa langsung menjawab dengan percaya diri tanpa basa-basi, dengan penuh keyakinan dan yang pasti bertanggung jawab serta hasil pekerjaan yang memuaskan. 

Lalu, apa sih sebenarnya senjata rahasia perencana struktur ini? Berikut ini adalah penjelasannya berdasarkan pendapat pribadi semata.

1. Paham Peraturan (Code & Standard Terbaru)

Paham peraturan mengenai Code dan Standard yang terbaru menjadi rahasia utama mereka, para ahli struktur. 

Dengan memahami peraturan, tentunya mereka juga lebih mudah memahami setiap perhitungan dan permasalahan struktur. Karena pada dasarnya ilmu struktur tidak terlepas dari peraturan yang ditetapkan. 

Kamu sebagai perencana struktur bisa memulai membaca peraturan-peraturan yang ada tentang struktur dengan sedikit-sedikit dan mencicil tentunya, tidak harus kita mendapatkan pekerjaan struktur. 

Semakin banyak yang kamu pahami peraturan, maka kamu bisa semakin unjuk kemampuan minimal gaya ketika di depan klien. 

Kamu bisa dengan mudah berkata kepada klien bahwa proyek anda bisa diselesaikan dengan peraturan bla bla bla… pada peraturan pasal sekian. 

Tentu hal ini semakin meyakinkan. Selain peraturan (code dan standard), lebih mantap lagi jika kamu melengkapi diri dengan beberapa buku textbook tentang struktur. Ini akan menjadi nilai tambahan tersendiri.

2. Punya Dokumen Proyek Terdahulu dan Mempelajarinya

Dari dokumen-dokumen proyek terdahulu kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran. Tidak harus dokumen tersebut merupakan proyek pekerjaan mu di masa lalu. 

Melainkan, kamu bisa meminjam atau bahkan meminta dari rekan sebagai bahan belajar. 

Tidak lupa sebainya kamu juga saling berdiskusi mengenai proyek yang ada dari proyek-proyek yang telah selesai. 

Setiap proyek biasanya memiliki permasalahan yang unik. Dengan keunikan tersebut tentu akan semakin menambah wawasan kamu. 

Kamu mungkin mulai bisa berkata di depan klien bahwa proyek yang akan ditangani ini seperti proyek yang pernah dikerjakan di aceh.

3. Berani Berasumsi dan Bertanggung Jawab

Sebenarnya hal ini cukup beresiko jika kamu tidak hati-hati. Lalu, bagaimana tipsnya supaya asumsi kamu tidak merugikan? Kuncinya pada keyakinan, pemahaman dan strategi yang kamu miliki. 

Kekuatan berani berasumsi membuat kamu lebih terlihat menonjol dibanding pesaing lainnya. Tetapi, dibalik itu semua jangan pernah mengorbankan keamanan suatu struktur. 

Selain hal tersebut membuat dosa, maka kamu akan dicap sebagai perencana struktur yang tidak bertanggung jawab, lalu hal itu menurukan integritas mu. 

Tips lainnya mungkin kamu bisa sedikit mensimulasikan berbagai kemungkinan terhadap pekerjaan struktur yang ditawarkan. 

Dengan cara memulai bertanya mengenai detail-detail pekerjaan struktur tersebut. 

Lalu, jika masih ada kekurangan data, maka data yang kurang tersebut bisa kamu anggap sebagai fungsi keamanan yang nilainya bisa kamu tingkatkan di awal sebagai kunci kamu dalam berasumsi. 

Jikalaupun salah pada akhirnya asumsi tersebut, maka ada baiknya kamu memberikan komunikasi yang baik kepada klien. 

Menjelaskan kepada mereka sebaik munkin kepada mereka mengenai perubaha-perubahan yang ada. Yang paling penting adalah mereka tetap percaya dan struktur tersebut bisa aman.

Panduan Perencana Struktur Konstruksi
3 Senjata Rahasia Perencana Struktur

Demikianlah sedikit sharing mengenai 3 senjata rahasia perencana struktur. Terkhusus untuk perencana struktur yang membaca postingan ini, mungkin bisa dikoreksi sekaligus berbagi pengalamannya di kolom komentar. 

Semoga tulisan ini memberikan gambaran yang membantu teman-teman semua dan semoga bermanfaat. 

Jangan lupa dibagikan kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "3 Senjata Rahasia Perencana Struktur dari Ahli Struktur"