5 Aplikasi Terbaik untuk Desain | Versi Gratis

5 aplikasi terbaik untuk desain 3d (ada yang gratis)
5 aplikasi terbaik desain 3D



Dalam pekerjaan teknik sipil terkadang kita membutuhkan desain 3D untuk menunjang pekerjaan. Bisa jadi karena adanya permintaan atau media pendukung dari suatu proyek. Berikut di bawah ini akan dijabarkan beserta video tentang 5 aplikasi terbaik untuk desain 3D + ada aplikasi yang gratis.


1. BLENDER
Blender adalah produk perangkat lunak grafis komputer 3D gratis dan open-source profesional yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model tercetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Fitur Blender termasuk pemodelan 3D, pembukaan UV, texturing, pengeditan grafik raster, simulasi rigging dan skinning, cairan dan asap, simulasi partikel, simulasi tubuh lunak, mematung, menjiwai, mencocokkan gerakan, pelacakan kamera, rendering, pengeditan video dan pengomposisian. Ini lebih lanjut fitur mesin permainan terintegrasi.
blender
blender


2. SWEET HOME 3D
Sweet Home 3D adalah aplikasi perangkat lunak desain interior gratis yang membantu Anda menggambar rencana rumah anda, mengatur perabotan di atasnya dan mengunjungi hasilnya dalam 3D. Anda dapat mengunduh Sweet Home 3D untuk menginstalnya di komputer Anda dan / atau menggunakannya secara online di browser anda. Sweet Home 3D adalah satu-satunya perangkat lunak desain interior open source. Ini diunduh 10.000 kali sehari dan digunakan oleh para amatir maupun profesional.
sweet home 3d
sweet home 3D

3. BRL-CAD
BRL-CAD adalah sistem desain berbantuan komputer (CAD) solid modeling yang solid dan konstruktif. Ini termasuk editor geometri interaktif, dukungan pelacakan sinar untuk rendering grafis dan analisis geometrik, jaringan komputer didistribusikan dukungan framebuffer, scripting, pengolahan gambar dan alat pemrosesan sinyal. Seluruh paket didistribusikan dalam kode sumber dan bentuk biner.
brl-cad
brl-cad

Meskipun BRL-CAD dapat digunakan untuk berbagai aplikasi teknik dan grafik, tujuan utama paket ini terus menjadi dukungan analisis balistik dan elektromagnetik. 

Sesuai dengan filosofi Unix mengembangkan alat independen untuk melakukan tugas tunggal, spesifik dan kemudian menghubungkan alat bersama-sama dalam paket, BRL-CAD pada dasarnya adalah kumpulan pustaka, alat, dan utilitas yang bekerja sama untuk membuat, mentransmtrasikan, dan menginterogasi geometri dan memanipulasi file dan data. 

Berbeda dengan banyak aplikasi pemodelan 3D lainnya, BRL-CAD menggunakan CSG daripada representasi batas. Ini berarti BRL-CAD dapat "mempelajari fenomena fisik seperti penetrasi balistik dan termal, radiasi, neutron, dan jenis transportasi lainnya"

Perpustakaan BRL-CAD dirancang terutama untuk pemodel geometrik yang juga ingin mengotak-atik perangkat lunak dan merancang alat khusus. Setiap perpustakaan dirancang untuk tujuan tertentu: membuat, mengedit, dan geometri raytracing, dan penanganan gambar. 

Sisi aplikasi BRL-CAD juga menawarkan sejumlah alat dan utilitas yang terutama berkaitan dengan konversi geometrik, interogasi, konversi format gambar, dan manipulasi gambar berorientasi baris perintah.


4. FREE-CAD
FreeCAD adalah gratis dan open-source (di bawah LGPLv2 + lisensi) serba guna 3D CAD modeler tujuan umum. FreeCAD ditujukan langsung pada teknik mesin dan desain produk tetapi juga cocok dalam berbagai kegunaan yang lebih luas di sekitar teknik, seperti arsitektur atau spesialisasi rekayasa lainnya. FreeCAD saat ini sedang dalam tahap pengembangan beta.
free-cad
free-cad

5. SKETCHUP
SketchUp (sebelumnya Google Sketchup) adalah program komputer pemodelan 3D untuk berbagai aplikasi menggambar seperti arsitektur, desain interior, teknik sipil dan mekanik, film, dan desain video game-dan tersedia dalam versi freeware, SketchUp Make, dan versi berbayar dengan fungsi tambahan, SketchUp Pro.
sketchup
sketchup

SketchUp saat ini dimiliki oleh Trimble Navigation, sebuah pemetaan, survei, dan peralatan navigasi perusahaan. Penulis program menggambarkannya sebagai mudah digunakan. Ada perpustakaan sumber terbuka secara online dari rakitan model gratis (misalnya jendela, pintu, mobil), Gudang Gambar 3D , di mana pengguna dapat menyumbangkan model.

Program ini mencakup fungsi tata letak gambar, memungkinkan perenderan permukaan dalam "gaya" variabel, mendukung program "plug-in" pihak ketiga yang dihosting di situs yang disebut Gudang Ekstensi untuk menyediakan kemampuan lain (misalnya, dekat rendering foto-realistis), dan memungkinkan penempatan modelnya di Google Earth.

Selain dari 5 aplikasi desain 3D tersebut, ada juga aplikasi wajib lainnya yang mesti diketahui. Aplikasi wajib tahu tersebut bisa di baca pada postingan yang berjudul 9 aplikasi teknik sipil yang harus kamu ketahui

Terima kasih dan selamat menyimak video berikut ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "5 Aplikasi Terbaik untuk Desain | Versi Gratis"

  1. Terimakasih infonya gan, tp kenapa auto cad ga disebutin ya? Atau itu krg rec menurut agan? Saya soalnya hanya pernah menggunakan blender sm auto cad doang untuk desain
    Kunbal ya gan https://jalanucul.blogspot.com
    Komentarnya ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera sih gan. tapi kalo saya & temen2 biasanya pakai aplikasi autocad utk gambar 2d saja.
      ---
      sudah gan.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel