Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Teknik Sipil dan Arsitek? Berikut Penjelasan Selengkapnya!

Apa itu teknik sipil dan arsitek? Mungkin pertanyaan inilah yang banyak muncul terkait privasi keduanya yang memiliki kemiripan. Selain itu penyebab penyebutannya pun kerap disandingkan untuk mendeskripsikan suatu bidang / pekerjaan. Namun, keduanya memiliki konsep definisi yang berbeda. 

Apa Itu Teknik Sipil dan Arsitek?  Berikut Penjelasan Selengkapnya

Jika mengamati dari pengertian kedua istilah maupun bidang maka akan ditemukan kemiripan dalam pelaksanaan teknik tersebut. Namun untuk menghindari penyalahartian, maka penting untuk mengenali lebih dalam setelah menemukan titik perbedaan yang membelah antara sipil dan arsitek.

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitek
Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitek (via: ugc.futurelearn.com)

Pengertian Teknik Sipil 

Teknik Sipil merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengupas dan mempelajari bidang rancangan, pembangunan, perbaikan hingga infrastruktur suatu bangunan yang digunakan untuk kepentingan umum atau kemaslahatan bersama. Teknik ini memiliki ruang lingkup yang luas dalam praktiknya. 

Antara lain ilmu matematika, fisika, kimia, biologi, lingkungan, geologi hingga komputer. Seluruh aspek tersebut tidak dapat terlepas dari konsep pembangunan modern, sehingga mendalami ilmu terkait termasuk pada pembelajaran teknik sipil.

Pengertian Teknik Arsitek 

Teknik arsitek atau yang disebut sebagai arsitektur merupakan sebuah kemampuan dalam bidang rancangan pembangunan.  Adapun disiplin teknik yang dilakukan berkaitan erat dengan aspek teknologi hingga pendekatan terhadap desain dan perencanaan. 

Seluruh keahlian yang berada dalam naungan arsitektur pada umumnya juga disampaikan melalui kursus pelatihan teknik. Termasuk pada desain yang terintegrasi dengan sistem lingkungan serta manajemen konstruksi yang mempertimbangkan sifat komponen dan bahan bangunan. 

Perbedaan Teknik Sipil dan Teknik Arsitek 

Walaupun keduanya memiliki cakupan akses dalam pengembangan dan sistem pembangunan, namun terdapat unsur pembeda yang signifikan. Teknik Sipil lebih mengedepankan cara maupun operasional secara langsung terhadap konstruksi dan infrastruktur. 

Sedangkan teknik arsitek memiliki fokus dan konsistensi terhadap desain maupun rancangan yang terarah dan terukur, baik secara teori maupun prakteknya. Bahan arsitektur menjadi acuan untuk suatu pembangunan agar berjalan berdasarkan sistem dan rancangan. 

Dengan demikian secara singkat dapat diketahui bahwa teknik  arsitek menangani desain dan rancangan pembangunan, sedangkan teknik sipil merealisasikannya dalam bentuk penggarapan proyek. Kedua keahlian ini memiliki hubungan sinergi yang menghasilkan infrastruktur dan konstruksi. 

Pelatihan Untuk Teknik Sipil dan Arsitek 

Memasuki pekerjaan teknik sipil dan arsitek tentu menjadi impian tersendiri bagi sebagian orang. Tak sedikit yang mengikutkan diri pada kursus online maupun program pemantapan lainnya untuk menunjang ilmu pembangunan. 

Bidang Teknik Sipil

Adapun bidang teknik sipil meliputi pengerjaan rekayasa struktural, mekanik, kelistrikan dan perpipaan. Seluruh materi dan ilmu tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan perguruan tinggi maupun kursus lanjutan yang disediakan oleh program maupun lembaga. 

Dalam pembuatan bagan bangunan serta struktur juga tidak lepas dari desain secara komputerisasi, misalnya menggunakan etabs, sap2000, autocad, staadpro dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan metode yang telah di modernisasi dengan kecanggihan digital. 

Bidang Teknik Arsitek 

Masih dapat dikatakan aliran dengan teknik sipil namun bidang arsitek memiliki kualifikasi materi pembahasan tersendiri. Meski demikian sama halnya dengan sipil arsitek juga mengedepankan pengetahuan umum mendasar seperti matematika, sains, seni, teknologi dan lain sebagainya. 

Adapun pelatihan dan pendalaman ilmu yang perlu dilakukan antara lain seperti pelatihan BIM, pelatihan microsoft project, pelatihan cost engineering dan pelatihan site engineering. Selain itu anda juga dapat melakukan pengembangan diri melalui kursus etabs, kursus staadpro, pelatihan sketchup dan pelatihan primavera. 

Referensi Kursus Teknik Sipil dan Arsitektur Secara Online 

Mengenyam pendidikan tidak harus menduduki suatu bangku sekolah maupun Universitas tertentu. Melainkan mengasah skill dan memperdalam ilmu juga bisa ditempuh melalui kursus online yang tidak mewajibkan tatap muka secara langsung. Berikut ini beberapa situs yang menyediakan kursus teknik sipil. 

Zamilconsulting.com

Zamil Consulting merupakan platform yang menyediakan berbagai pendalaman materi dan bidang keahlian pada program teknik sipil. Antara lain yakni pelatihan plaxis, pelatihan RAB (Rancangan Biaya Anggaran) dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembangunan desain dan sejenisnya. 

anda dapat memilih program pelatihan yang dibutuhkan maupun melakukan konsultasi lebih dulu secara gratis. Tidak hanya pelatihan secara online namun juga tersedia kursus dengan metode in house maupun public training. Ada, berbagai alasan yang menjadi review dari alumnus yang mengikuti pelatihan di sini. 

Anakteknik.co.id

Anakteknik.co.id juga merupakan platform yang sangat bersahabat dengan para pekerja teknik maupun arsitek. Selain pengkhususan tersebut terdapat pula berbagai bidang keahlian yang tersedia dalam program training. Meski demikian situs ini mengutamakan ilmu pengetahuan seputar teknik. 

Tidak hanya pelatihan online, namun situs tersebut sangat fleksibel untuk pengunjung yang hanya ingin membaca artikel informatif secara gratis. Selain pendalaman secara visual, Anak Teknik juga menyediakan sarana buku tertulis seputar teknik yang dapat dibeli secara online. 

Demikian informasi tentang apa itu teknik sipil dan arsitek, perbedaan antara keduanya serta beberapa pelatihan yang dapat diikuti untuk bidang tersebut.  semoga informasi ini membantu anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Teknik Sipil dan Arsitek? Berikut Penjelasan Selengkapnya!"