Wheel Loader: Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja

Alat Berat Wheel Loader, sesuai dengan namanya alat berat konstruksi ini mempunyai ciri khas roda karet yang membuat mobilitas alat berat ini cukup tinggi dengan tingkat kerusakan pada landasan kerja yang minimal. Di artikel tentang Wheel Loader ini ruang sipil akan membahas Wheel Loader mulai dari Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum dan Perlengkapan Kerja yang dipakai.

1.Fungsi Wheel Loader
Wheel loader adalah tractor dengan roda karet yang dilengkapi dengan sebuah perlengkapan kerja, yaitu bucket yang berfungsi untuk menggali (digging), membawa (carrying), dan memuat (loading). wheel loader sangat efisien untuk bekerja di daerah kering, rata, dan kokoh, terutama jika dituntut agar kerusakan landasan kerja minimal dengan mobilitas kerja yang tinggi. Wheel loader memiliki bucket yang cukup lebih besar dibandingkan dengan hydraulic excavator, sehingga dalam kondisi tertentu, Wheel Loader dapat bekerja dengan produktivitas lebih tinggi.
Wheel Loader
Wheel Loader.
2.Susunan Produk Wheel Loader
Terdapat 6 (enam) model utama pada wheel loader, yaitu: wheel loader, wheel dozer, trash compactor, trash loader, backhoe loader, dan towing tractors.

  1. Wheel loader
  2. Wheel dozer
  3. Reach loader
  4. Trash loader
  5. Trash compactor
  6. Skid steer loader
  7. Towing tractor
  8. Backhoe loader

Wheel loader
Wheel loader.
Wheel dozer
Wheel dozer.
Reach loader
Reach loader.
Trash loader
Trash loader.
Trash compactor
Trash compactor.
Skid steer loader
Skid steer loader.
Towing tractor
Towing tractor.
Backhoe loader
Backhoe loader.

3. Gambaran Umum Wheel Loader
Berikut ini adalah gambaran umum dari sebuah wheel loader.
Gambaran Umum Wheel Loader
Gambaran Umum Wheel Loader.
Berikut keterangan gambar dari Wheel Loader.
  1. Bucket
  2. Lift arm
  3. Tilt lever
  4. Bucket cylinder
  5. Front working lamp
  6. ROPS
  7. Rear wheel
  8. Turn signal lamp
  9. Head lamp
  10. Lift cylinder
  11. Front wheel
  12. Rear working lamp
  13. Rear combination lamp

4.Perlengkapan Kerja
Bucket merupakan perlengkapan yang terdapat pada sebuah Wheel Loader. Fungsi utama bucket pada sebuah wheel loader sama dengan yang terdapat pada alat-alat yang lain, seperti Dozer Shovel maupun Excavator, yaitu untuk menggali (digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe dari bucket yang digunakan pada Wheel Loader.

General purpose bucket (stockpile)
General purpose bucket digunakan untuk memuat material-material timbunan (stockpile product), seperti crushed rock atau bahan-bahan konstruksi lainnya.General purpose bucket (excavating) Bucket ini digunakan untuk menggali dan memuat batu-batu bekas ledakan (balsted rock) atau untuk menggali tanah biasa. Bucket ini memiliki sebuah flat blade, straight cutting edge, dan dilengkapi dengan konstruksi yang kokoh dan anti aus.

Light material bucket
Light material bucket digunakan untuk memuat material-material ringan (specific grafity: dibawah 1.2 t/m3), seperti salju, pupuk atau makan ternak. Bucket ini serupa dengan general purpose bucket dengan konstruksi yang lebih lebar, sehingga dapat memuat lebih banyak material. Bucket ini juga dapat digunakan untuk memuat batu bara ringan (specific gravity : dibawah0.89 t/m3).

Spade-nose rock bucket (V-edge type)
Spade-nose rock bucket ini digunakan untuk memuat batu-batu bekas ledakan, bucket ini dirancang dengan cukup kokoh dan tahan terhadap keausan.

Heavy duty bucket
Heavy duty bucket sangat berguna untuk menggali dan memuat batubatu bekas ledakan. Konstruksinya sangat kokoh dan memiliki gigi-gigi besar kelas satu.

Chip bucket
Chip bucket merupakan salah satu bucket yang besar dan digunakan untuk memuat material-material ringan dengan specific gravity di bawah 0.55 t/m3, seperti serpihan-serpihan kayu atau butiran butiran material ringan. Pada sisi belakang dan atas bucket terbuat dari anyaman kawat yang bertujuan untuk mengurangi berat bucket. Bucket ini sangat cocok dipakai di pabrik kertas atau penggergajian.

Skeleton bucket
Skeleton bucket sangat cocok digunakan untuk menggali dan memuat batu-batu bekas ledakan atau bekerja di crusher. Bucket ini dirancang memiliki kisi-kisi yang berfungsi mengeluarkan tanah atau batu-batu kecil, sehingga hanya batu-batu dengan ukuran tertentu saja yang termuat.

Side dump bucket
Bucket ini dapat membuang material dengan arah ke depan maupun ke samping, sehingga sangat cocok digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi.

Multi purpose bucket
Bucket ini adalah bucket serba guna yang dapat digunakan untuk beberpa variasi pekerjaan, seperti scraping, dozing, scoping, dan loading. Grapple merupakan salah satu peralatan yang dipasang pada bagian depan wheel loader, seperti halnya bucket. Grapple ini digunakan untuk memuat kayu atau material yang sejenisnya. Berikut akan diberikan beberapa contoh grapple yang digunakan pada wheel loader.

Log grapple
Log grapple digunakan untuk memuat batang kayu dengan berbagai variasi ukuran, dari batang kayu pendek dengan diameter kecil sampai dengan batang kayu panjang dengan diameter besar. Grapple ini dirancang sedemikian rupa, sehingga ketika digunakan untuk memuat dan menumpahkan material, alat tetap dalam kondisi stabil.

Log-lumber grapple
Log-lumber grapple digunakan untuk memuat potongan-potangan (serpihan) batang kayu dengan berbagai ukuran, dari ukuran yang terkecil sampai yang terbesar. Grapple ini memilki fork yang mirip dengan yang dimiliki forklift tetapi tidak dapat digunakan seperti halnya fork pada forklift karena konstruksinya tetap.

Lumber grapple
Grapple ini memilki bentuk “L” dan sangat cocok digunakan untuk memuat potongan-potongan kayu dengan ukuran kecil (berdiameter kecil dan pendek). Bagian kanan dan kiri dari fork dapat dilakukan pengaturan (adjustment) guna menyesuaikan dengan ukuran kayu yang akan dimuat.

Pipe grapple
Pipe grapple adalah sebuah log grapple dengan tambahan bantalan untuk digunakan memuat pipa atau material yang sejenis.

Log lumber fork
Log lumber fork memiliki bentuk yang sama dengan log lumber grapple tetapi tidak memiliki penjepit di bagian atas.

Dumping fork
Dumping fork digunakan untuk memuat tumpukan serpihan kayu-kayu kecil ke truck. Atau dapat juga digunakan untuk memuat batanganbatangan kayu dengan diameter kecil dan pendek.

Itu tadilah pembahasan dari ruang sipil mengenai Wheel Loader mulai dari Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum dan Perlengkapan Kerja. Semoga tulisan ini bisa menambah ilmu bagi kita semua. Untuk sobat ruang sipil sekalian, kalian juga bisa mengecek artikel kami lainnya tentang alat berat dengan cara search pada kolom pencarian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wheel Loader: Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja"

Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel