Bulldozer: Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja

Halo sobat ruang sipil sekalian. Kali ini kita akan membahas salah satu alat berat yaitu Buldozer. Pada artikel tentang Buldozer ini, kita akan membahas mulai dari Fungsi Buldozer, Susunan Produk Buldozer, Gambaran Umum Buldozer dan Perlengkapan Kerja yang biasa digunakan di alat berat Buldozer. Untuk artikel selengkapnya, langsung saja cek di bawah ini.
Alat Berat Buldozer
Alat Berat Buldozer.

1.Fungsi Bulldozer

Bulldozer merupakan sebuah traktor rantai (crawler tractor) yang berguna untuk pekerjaan menggali, menggusur, mendorong tanah atau material dan menarik log atau portable camp yang dapat dioperasikan di medan berbatu, berbukit, maupun tanah lumpur pada berbagai sektor pekerjaan seperti pertambangan (mining), konstruksi (construction), logging, Hutan Tanaman Industri (forestry) dan perkebunan. Bulldozer dapat melakukan pemindahan tanah yang efektif sejauh 100 meter dengan cara estafet.

2.Susunan Produk Bulldozer

Secara garis besar, bulldozer dibagi dalam 4 (empat) tipe, yaitu: bulldozer, swamp bulldozer, dozer
shovels, dan pipelayers.
Bulldozer (40-1150 HP)
Bulldozer (40-1150 HP).

Dozer shovel (40-200 HP)
Dozer shovel (40-200 HP).

Pipelayer (225-360 HP)
Pipelayer (225-360 HP).

Swamp bulldozer (40-225 HP)
Swamp bulldozer (40-225 HP).

3.Gambaran Umum Bulldozer

Gambaran umum sebuah bulldozer Komatsu ditunjukkan melalui contoh berikut ini.

  1. Blade
  2. Blade lift cylinder
  3. Cabin
  4. Fuel tank
  5. Ripper
  6. Sprocket
  7. Track roller
  8. Straight frame
  9. Track shoe
  10. Canopy

Gambaran Umum Buldozer
Gambaran Umum Buldozer.

4.Perlengkapan Kerja

Terdapat beberapa perlengkapan kerja yang digunakan pada sebuah bulldozer, seperti blade, ripper, bucket, dan towing winch. Berikut diberikan beberapa contoh dari perlengkapan kerja tersebut. Blade merupakan salah satu perlengkapan kerja (work equipment) yang tersedia pada sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk mendorong, meratakan dan memotong material. Blade terletak di bagian depan sebuah Bulldozer berupa pelat baja yang dapat digerakkan secara hidrolik.

Berikut ini tipe-tipe yang ada pada alat berat Buldozer.


Tipe-Tipe Blade pada Buldozer

Straight-tilt dozer

Blade ini dilengkapi dengan sebuah tilt cylinder, yang memungkinkan kemiringan blade dapat diatur dari kabin operator, sehingga produktivitas alat dapat meningkat. Konstruksinya yang kokoh sangat cocok digunakan untuk dioperasikan di daerah bebatuan

Straight dozer

Blade ini sama dengan tipe Straight-tilt dozer tetapi tidak dilengkapi dengan tilt cylinder.

Angel dozer

Dapat diserongkan sebesar 25 derajat dan dapat ditinggikan secara manual. Angel dozer cocok digunakan untuk pekerjaan scraping tanah lunak atau salju sehingga material dapat terbuang ke samping.

Power angel-tiltdozer

Pengaturan sudut kemiringan dan ketinggian blade pada satu sisi dapat diatur dari kabin operator dan
blade ini efektif untuk pekerjaan grading, back filling, spreading dan land clearing yang ringan.

Dual tiltdozer

Blade ini memiliki dua buah tilt cylinder pada kedua sisinya. Optimum untuk pemotongan berbagai material dan pengaturan sudut pemotongan yang lebih baik sehingga meningkatkan produktifitas alat.

Semi U-tiltdozer

Blade ini hampir sama dengan straight blade dengan menambah sayap pendek di kedua sisinya sebatas end bit, maka blade ini dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas beban.

U-tiltdozer

Sayap yang terdapat pada kedua sisi blade ini dapat meminimalkan terbuangnya material ke samping. Blade ini sangat cocok untuk mendorong tanah yang ringan dengan jarak yang jauh, sehingga sangat sesuai untuk pekerjaan reklamasi tanah.

Coal dozer

Dengan konstruksi yang cukup lebar dan adanya sayap di kedua sisinya, blade ini khusus dirancang untuk mendorong batu bara,

Rake dozer

Blade berbentuk garpu berguna untuk mencabut sisa-sisa akar pohon dan mendorong ranting-ranting kayu agar kerusakan top soil dapat dikurangi.

Ripper merupakan peralatan yang berbentuk taji yang terpasang pada bagian belakang dari sebuah Bulldozer yang berfungsi untuk memecah batu atau material tanah yang keras menjadi bongkahan bongkahan kecil sehingga memudahkan untuk digusur.

Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe ripper yang digunakan pada Bulldozer.


Tipe-Tipe Ripper pada Buldozer

Multi-shank rippers (rigid type)

Ripper ini memiliki tiga buah shank rippers yang disusun secara parallel. Multi-shank rippers ini sangat efisien digunakan pada daerah yang memiliki material lunak karena sudut gali (digging angel) ripper ini dapat optimum.

Multi-shank rippers (variable type)

Ripper ini memiliki tiga buah ripper point yang dapat divariasikan sudutnya secara hidrolik disesuaikan dengan kondisi material yang digalinya.

Giant rippers (variable type)

Giant rippers dirancang khusus untuk memecah material batu yang cukup keras. Ripper ini memiliki sebuah ripper point yang dapat diatur (adjustable) guna menyesuaikan dengan material yang digali.

Bucket

Bucket merupakan perlengkapan kerja yang digunakan salah satunya pada Dozer Shovel. Fungsi utama bucket pada dozer shovel adalah untuk menggali (digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe dari bucket.

Rock bucket

Rock bucket digunakan untuk menggali dan memuat batu-batuan. Bucket ini memiliki material yang cukup kuat karena sudah dilakukan penguatan (reinforcement).

Large bucket

Large bucket digunakan untuk memuat dan membawa material yang besar dengan specivic grafity yang kecil, seperti pasir.

Multipurpose bucket

Bucket ini secara konstruksi tediri dari dua bagian, yaitu blade dan bucket yang dapat dibuka dan ditutup. Bucket ini dapat berfungsi sebagai bucket, blade, scraper dan clamshell.

Side-dump bucket

Selain digunakan untuk dumping, bucket dapat dimiringkan kesalah satu sisi tanpa memutar alat, sehingga dapat memperkecil cycle time yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas alat.

Three-way bucket

Bucket dapat dimiringkan ke kanan, ke kiri, dank ke depan tanpa harus memutar alat, sehingga cycle time bisa diperkecil guna meningkatkan produktivitas.

Towing Winch

Towing winch adalah gulungan kawat baja yang diletakkan pada bagian belakang bulldozer yang berfungsi sebgai alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp, dan lain-lain.

Oke, sekian pembahasan artikel tentang Buldozer. Semoga sedikit pengenalan alat berat tentang alat berat Buldozer ini, bisa menambah ilmu bagi kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bulldozer: Fungsi, Susunan Produk, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja"

Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel