Tangga: Pengertian, Fungsi, Perhitungan dan Desain Tangga

Tangga adalah struktur konstruksi yang dirancang untuk menghubungi dua tingkat vertikal dalam jarak tertentu. Singkatnya tangga adalah struktur penghubung antar lantai. Fungsi tangga tentunya sebagai jalan naik dan turun antar tingkat lantai.

Dalam pembahasan kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu mengenai perhitungan tangga meliputi Perhitungan jumlah anak tangga, Menghitung anak tangga Feng Shui, Menghitung kemiringan tangga, Menghitung volume tangga dan Referensi desain tangga. Simak selengkapnya di bawah ini.

Perhitungan Konstruksi Tangga
Desain Tangga.

Cara menghitung jumlah anak tangga

Pada cara kali ini kita menggunakan permisalan atau contoh yaitu dengan rumus: 2t + 1 = 60 - 65 cm. Dimana t adalah tinggi anak tangga (Optrede) dan nilai 1 adalah lebar anak tangga ideal (Antrede). Sedangkan nilai 60-65 cm merupakan nilai ideal seseorang pada satu langkah arah datar dan biasanya seseorang perlu tenaga 2 kali lebih besar untuk melangkah naik dibandingkan langka arah datar.

Baiklah, langsung saja kita ke contoh. Misal selisih tinggi lantainya 320 cm atau 3.2 m.

Perhitungan:
Cara menghitungnya kita akan pakai cara trial error ada nilai t (tinggi anak tangga). Nilai t percobaan = 16, 18, 20 (cm)

Dicoba dengan nilai  t = 16 cm dan l = 26 cm Jika rumus di masukan yakni 2t + l = (2.16) + 26 = 58 cm mengacu pada rumus yang berlaku bahwa idealnya 60-65 cm maka sesuai hasilnya, ini terlalu landai.

Dicoba dengan ukuran t =20 dan l = 28 ; 2t + l = (2.20) + 28 = 68 cm. Angka 68 lebih besar dari 65 maka hasilnya, ini terlalu curam.

Dicoba dengan ukuran t = 18 dan l = 28 ; 2t + l = (2.18) + 28 = 64 cm Nah, Angka 64 masuk dalam rentang ideal yakni 60-65 cm berarti inilah ukuran ideal yang akan di pakai.

Setelah menemukan angka yang ideal, maka jumlah anak tangga yang di sarankan adalah (320 / 18) -1 = 17,778 - 1 = 16,778 buah anak tangga.

Jumlah anak tangga yang di bulatkan keatas menjadi 17 buah.

Selisih beda tinggi anak tanggadi bagi merata 320 / t-1 = 17,778 cm. Mengingat selisih tinggi kurang dari 1 cm, tidak akan terasa, maka beda tinggi anak tangga di letakan pada satu anak tangga yang paling bawah atau paling atas, senyamannya saja.

Cara menghitung jumlah anak tangga Feng Shui

Tahukah kamu buat sebagian orang, mendesain tangga tidak melulu tentang keamanan dan kenyamanan saja. Tapi, faktor non teknis seperti feng shui terkadang juga diikutsertakan. Hal ini perlu dipertimbangkan karena menurut orang yang mempercayainya tangga bisa mempengaruhi energi positif dan negatif dari sang penghuni rumah. Energi yang ditimbulkan pada akhirnya bisa memengaruhi kehidupan orang-orang di dalamnya. Berikut ini penjelesan bangun anak tangga sesuai Feng Shui.

Dalam Feng Shui tiap anak tangga memiliki makna masing-masing:

  • Anak tangga pertama = lahir/shēng (baik)
  • Anak tangga kedua = hidup/huó (baik)
  • Anak tangga ketiga = sakit/bìng (jelek)
  • Anak tangga keempat = mati/sǐ (jelek)
  • Anak tangga kelima = sengsara/kǔ (jelek)


Menghitung anak tangga  Feng Shui berulang kembali ke anak pertama setelah anak tangga yang kelima. Pada intinya, anak tangga yang terakhir diusahakan pada anak tangga yang bermakna baik. Misal jika jumlah anak tangga di rumah mu 17 buah, maka bermakna jatuh pada anak tangga kedua yang berarti “hidup” (baik). Namun, jika jumlahnya 18 buah, maka artinya akan “sakit” (jelek). begitulah kira-kira penjelasan penentuan anak tangga menurut Feng Shui.

Cara menghitung kemiringan tangga

Kemiringan tangga yang ideal adalah 45 derajat (direkomendasikan). Sudut kemiringan ini diyakini tidak terlalu curam dan ukuran ideal yang biasa dipakai. Kemiringan tangga yang terlalu curam sangat tidak direkomendasikan karena bisa membahayakan penggunanya. Selain itu, tangga yang terlalu miring biasanya akan nampak secara visual dan tidak enak untuk dilihat atau berkurangnya nilai estetika dari tangga tersebut.

Rumus untuk menghitung kemiringan tangga

Menghitung kemiringan tangga sangatlah mudah. Caranya lakukan perbandingan panjang tangga (ruang untuk tangga) dengan tinggi tangga (lantai bawah & lantai atas). Permisalan rumusnya Z = y/x. Dimana Z adalah koefisien kemiringan tangga, Y adalah tinggi tangga dan X adalah panjang tangga.

Untuk mendapatkan nilai kemiringan ideal suatu tangga, usahakan tinggi tangga (y) tidak lebih besar dari panjang tangga (x) dan sebaiknya nilai (y) tidak sama dengan nilai (x) karena tangganya menjadi landai. Biasanya jika kemiringan tangga tidak ideal, maka akan mengurangi kenyamanan.

Nah, untuk membangun tangga dengan sudut kemiringan ideal, yaitu 45 derajat, pastikan tinggi tangga (y) tidak lebih besar dari panjang tangga (x). Nilai y juga sebaiknya tidak sama dengan x karena bisa menghasilkan tangga yang terlalu landai. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Koefisien kemiringan tangga

Koefisien kemiringan tangga (z) adalah 1. Artinya, y = x yang membentuk kemiringan 45 derajat. Maka dari itu, pembagian koefisien kemiringan tangga adalah sebagai berikut:

Lantai miring 75-90 derajat = koefisien kemiringan >3,7
Lantai miring 45-75 derajat = koefisien kemiringan 0,44-1,0
Lantai miring 24-45 derajat = koefisien kemiringan 0,36-0,44
Lantai miring 6-20 derajat = koefisien kemiringan 0,1-0,36

Contoh penghitungan kemiringan tangga

Supaya kamu lebih paham cara menghitung kemiringan tangga, silahkan ikuti contoh perhitungan berikut.

Misalhnya kamu akan membangun tangga di dalam rumah, dengan keterangan panjang 5 meter dan tinggi 3.5 meter. Maka, cara menghitung koefisien kemiringan tangganya adalah

Z = y/x = 3.5/5 = 0,6. Maka, kemiringan tangga termasuk dalam sudut 45-75 derajat.

Cara menghitung volume tangga

Dalam menghitung volume tangga, sebaiknya perhitungan dibagi dalam dua bagian untuk memudahkan. Misalnya, pertama hitung dulu volume masing-masing anak tangga dan kedua hitung volume plat lanttai tangga.

Langsung saja ke contoh:

Perhitungan volume tiap anak tangga
Lebar anak tangga = 28 cm
Tinggi anak tangga = 18 cm
Lebar tangga = 1.2 m
Volume 1 anak tangga =  ((0.28 m x 0.18) : 2) x 1.2 m = 0.03024 m3

Misal ada 17 anak tangga, maka Volume 17 anak tangga = 17 x 0.03024 m3 = 0.51408 m3

Perhitungan volume plat lantai tangga
Lebar tangga = 1.2 m
Tebal plat tangga = 0.12 m
Panjang kemiringan tangga = 5 m (permisalan)
Volume plat tangga = 1.2 m x 0.12 m x 5 m = 0.72 m3

Jadi, Volume total tangga adalah: 0.51408 m3 + 0.72 m3 = 1.2345 m3

Cara menghitung anak tangga menurut hitungan Jawa

Sama halnya dengan menghitung anak tangga Feng Shui, kali ini kita juga akan sedikit membahas versi Jawanya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Feng Shui, di dalam kepercayaan Jawa menghitung anak tangga referensinya bisa mengacu ke kitab Primbon Betaljemur Adammakna.

Jadi urutan tangganya seperti ini dari anak tangga ke-1 sampai ke-3.
Anak tangga 1 “Andha”
Anak tangga 2 “Dheyog”
Anak tangga 3 “Endhe”

Makna dari urutan tangga ini adalah
1. Anak tangga “Andha” artinya baik, tangga akan awet dan aman dipakai.
2. Anak tangga “Endhe” tangga akan cepat rusak.
3. Anak tangga “Dheyog” tangga akan menjatuhkan orang yang menggunakannya.

Ilustrasinya, jika jumlah anak tangga yang ada misalnya 17 anak tangga, maka perhitungannya akan jatuh pada anak tangga “Endhe” yang berarti tangga akan cepat rusak. Lain halnya, jika jumlah anak tangga = 16 maka bermakna “Andha” yang mempunyai arti baik, tangga awet dan aman dipakai.

Desain tangga rumah

Berikut ini kami tampilkan beberapa inspirasi desain tangga rumah. Untuk melihat inspirasi desain tangga rumah yang lebih lengkap bisa main ke artikel mengenai Inspirasi Desain Tangga untuk rumah.

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah

Desain Tangga Rumah Mewah


Untuk mendapatkan referensi desain tangga yang lebih lengkap, bisa main ke postingan berikut ini:



Selanjutnya:
  • Cara menghitung anak tangga leter l
  • Cara menghitung tangga u
  • Tinggi anak tangga 25 cm
  • Ukuran tangga rumah 2 lantai
Sekian, pembahasan kita mengenai Membahas struktur tangga mulai dari Pengertian, Fungsi, Perhitungan jumlah anak tangga, Menghitung anak tangga Feng Shui, Menghitung kemiringan tangga, Menghitung volume tangga dan Referensi desain tangga. Semoga Ruang Sipil bisa terus bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tangga: Pengertian, Fungsi, Perhitungan dan Desain Tangga"

Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel