7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)


7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk) – kosakata rumah menjadi hal penting bagi setiap orang. Di dalam rumah kamu biasanya banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, bermain, dan beristirahat di ruangan favoritmu. Salah satu ruangan favorit biasanya adalah kamar tidur. 

7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)
7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)
Sebagai ruangan yang menjadi salah satu favorit banyak orang tentu kamu banyak menghabiskan waktu di ruangan satu ini. Kamu tentu menginginkan kamar pribadi mu menjadi tempat nyaman. 

Namun, bagaimana jika kamar tidur mu ini terasa panas dan pengap? Maka, kemungkinan konotasi kenyamanan tersebut akan berkurang. 

Oleh karena itu, berikut ini akan diberikan 7 tips supaya kamar menjadi lebih sejuk, tidak panas, dan pengap.

  • Memanfaatkan kipas angin

Benda satu ini cukup murah harganya. Hampir setiap rumah memilikinya. Maka dari itu, memanfaatkan kipas angin menjadi solusi awal yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kamar yang panas dan pengap. 

Cara penggunaannya yaitu dengan mengarahkan kipas angin ke arah keluar masuk udara dan tentunya tidak langsung mengarah ke tubuh mu karena hal ini akan mengganggu kesehatan. Saat memakai kipas angin biasakan untuk membuka ventilasi baik jendela ataupun kamar agar tips ini lebih maksimal.

  • Memaksimalkan Ventilasi udara

Salah satu kriteria yang baik adalah memiliki ventilasi udara. Jika kamar mu tidak ada ventilasi udara atau belum memilikinya maka ada baiknya kamu membuatnya. 

Dengan ventilasi udara maka, udara bisa lebih dinamis bergerak keluar masuknya sehingga udara di dalam kamar terasa lebih sehat dan tidak pengap. 

Selain itu, untuk hasil yang maksimal, kamu juga harus rajin membersikan ventilasi udara di kamar agar udara yang keluar masuk lebih bersih tentunya.

  • Memperhatikan tata letak barang

Kamar menjadi salah satu tempat pribadi terbaik bagi kamu dan biasanya terdapat beberapa atau banyak barang/furnitu yang ada di dalam kamar tersebut. tapi, tahukah kamu, kalau tata letak barang di kamar bisa mempengaruhi kualitas udara di dalam kamar. 

Kamar dengan barang yang terlalu banyak biasanya lebih terasa pengap dan panas. Cara mensiasatinya dengan cara yaitu mengurangi jumlah barang yang ada di kamar tersebut dan lebih bijak memilih barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan untuk diletakkan di dalam kamat. 

Setelah tahapan ini, maka kamu baru mulai menata tata letak barang tersebut. usahakan tata letak barang di dalam kamar tidak jauh dari alur keluar masuk udara agar tidak terhalangi dan lebih mengutamakan penyusunan barang secara vertikal (manfaatkan ketinggian kamar) dibandingkan tata letak barang secara horizontal.

  • Menempatkan tanaman

Sudah diketahui bahwa tanaman bisa menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Pada siang hari khususnya tanaman tersebut akan mengeluarkan oksigen yang bisa membantu menciptakan udara yang lebih segar dan sejuk. 

Selain itu, warna hijau atau warna segar tanaman lainnya juga bisa mempengaruhi mata kita merasakan kesan yang lebih segar dan sejuk. Coba tempatkan beberapa tanaman kecil dalam pot di kamar mu.

  • Menerapkan warna cerah

Pemilihan warna menjadi faktor penting dalam pembuatan rumah. Ini biasanya menjadi selera masing-masing pemilik rumah. Terlepas dari itu, maka ada baiknya khusus kamar tidur mu lebih baik pilih warna yang cerah seperti hijau muda, biru muda atau yang paling standar yaitu warna putih. 

Memilih warna gelap pada kamar akan menimbukan kamar yang pengap dan mempengaruhi psikologis kita tentunya. Coba baca tentang warna yang baik untuk psikologi kita di internet, maka warna cerah mestinya lebih utama.

  • Mengurangi pemakaian lampu

Lampu yang kita hidupkan sudah diketahui bisa menghasilkan panas. Coba kamu pegang lampu yang sudah beberapa saat waktu dihidupkan, maka sudah dipastikan lampu tersebut panas. 

Dengan logika ini, maka mengurangi penggunaan lampu bisa membuat kamar mu terasa lebih tidak pengap atau panas. Terlebih jika pada siang hari, lebih hindari kebiasaan menghidupkan lampu. 

Selain membuat kamar mu menjadi lebih tidak panas dan pengap, mengurangi pemakaian lampu juga tentunya menghemat bayaran listrik perbulannya. Kamar yang kurang pencahayaan dan gelap pada siang hari biasanya salah perencanaan pada tahap awal pembangunan.

  • Membuat ac sederhana

Ada yang berpendapat bahwa tips mengatasi kamar agar tidak pengap dan panas adalah dengan membuat Ac sederhana. Ac sederhana ini diketahui dibuat dengan cara memanfaatkan kipas angin bekas yang dimodifikasi. 

Untuk keterangan lebih detail saya sendiri belum mengerti, maka ada baiknya coba kamu cari di internet untuk informasi lebih lanjutnya.

7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)
7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)

Demikianlah, 7 tips supaya kamar menjadi lebih sejuk, tidak panas dan pengap. Jika ada yang keliru mohon bantu diperbaiki. Jika ada tambahan dari teman-teman semua silahkan berkomentar dengan baik di bawah. 

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

GRATIS! Dapatkan update artikel terbaru RUANG-SIPIL:

0 Response to "7 Tips Supaya Kamar Tidak Panas dan Pengap (Lebih Sejuk)"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel