15 Tips Menata Kamar Tidur Sempit agar terkesan Luas

Kebutuhan tempat tinggal yang meningkat menyebabkan mahalnya harga jual rumah. Terkadang, untuk mensiasati hal ini maka didesainlah rumah yang minimalis dan tentu dengan harga yang lebih ekonomis. 

Namun, dibalik desain rumah minimalis itu, biasanya menyebabkan ukuran ruangan juga semakin sempit termasuk kamar tidur kamu. Padahal kamar tidur biasanya menjadi ruangan favorit di rumah yang tentu kamu ingin lebih nyaman dan berlama-lama di dalamnya.

Tips Menata Kamar Tidur agar Lebih Nyaman Ditempati
Kamar Nyaman akan Menjaga Mood baik mu
Lalu, bagaimana menata kamar tidur sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman? Berikut mari kita jabarkan secara seksama tips untuk menata kamar tidur sempit agar terlihat luas dan nyaman dan pada bagian akhir pada postingan ini akan diberikan gambar contoh untuk masing-masing tipsnya.

1. Furnitur hemat tempat

Di dalam kamarmu tentu memiliki beberapa furnitur yang menjadi kebutuhan kamu. Tapi, tahukah kamu bahwa tidak semua furnitur tersebut bisa kamu masukkan ke kamar. Kamu harus memilih dengan bijak dengan cara memilih furnitur hemat tempat yang bisa membuat kamar tidur semakin terlihat lebih luas dan nyaman.

2. Cat kamar warna terang

Biasanya pemilihan warna kamar tergantung dari kepribadian si pemilik kamar. Tapi, alangkah baiknya jika kamu memilih warna kamar dengan cat warna yang terang. 

Hal ini berfungsi untuk mengesankan kamar kamu supaya lebih luas dan tentunya bisa menimbulkan kesan nyaman. Tidak harus warna yang mencolok. Kamu bisa memilih warna terang yang netral seperti putih, hijau muda, biru muda, atau abu-abu terang.

3. Palet warna serupa

Kamar yang terdiri dari beberapa komponen di dalamnya akan menimbulkan beberapa tekstur dan palet yang berbeda. Hal ini menimbulkan kesan yang kurang pas jika tujuan mu untuk membuat kamar sempit menjadi terlihat lebih luas dan nyaman. 

Pastikan, jika kamu ingin kamar mu lebih luas dan nyaman, maka ada baiknya pilihlah warna palet yang serupa untuk setiap pernak-pernik di kamar mu. 

Selain mengurangi stres mu saat membeli perabotan atau pernik yang baru, hal ini juga bisa mengesankan kamar sempit menjadi terlihat simple menarik dan juga lebih luas serta nyaman.

4. Cermin

Seperti yang banyak diketahui cermin menjadi rekomendasi wajib untuk membuat kamar sempit terlihat luas. Efek kaca yang memantulkan gambar di depannya menyebabkan ruangan / kamar sempit terlihat luas.

Selain itu, tentu kaca ini membantu kamu dalam menjaga penampilan. Pemilihan kaca usahakan yang sederhana dan besar ukurannya. Misal, kaca ukuran besar (seukuran kamu) yang berdiri di lantai tanpa harus digantung di dinding.

5. Cahaya yang baik

Cahaya yang baik menjadi faktor penentu kesehatan. Cahaya matahari seperti telah diketahui memberi banyak manfaat yaitu vitamin dan energi serta banyak manfaat lainnya. 

Ruangan yang kurang cahaya atau tidak terkena cahaya tentu akan memboroskan energi yang lebih besar karena harus menghidupkan lampu saat di dalam kamar. 

Cahaya yang baik langsung bersumber dari matahari bisa membantu kesan ruangan kamar terlihat luas dan menghidupkan udara bersih sehingga kamar sempit menjadi lebih nyaman.

6. Floating table

Pada umumnya, meja yang ada di kamar biasanya mempunyai kaki-kaki di bawahnya sebagai penunjang meja. Hal ini tidak berlaku bagi kamu yang bertujuan membuat kamar sempit terlihat luas dan nyaman. 

Kamu harus memilih meja yang melayang atau floating table yang biasanya menempel pada dinding tanpa kaki-kaki di bawahnya sebagai penunjang. 

Kesederhanaan desain dari meja ini bisa membantu aktivitas lalu lalang di kamar lebih leluasa dan space ruangan kamar yang tidak banyak terpakai.

7. Tempat penyimpanan sendiri

Karena kamar yang kamu miliki sempit maka ada baiknya juga kamu memiliki tempat penyimpanan sendiri yang bisa kamu buat sendiri dan ditempatkan pada bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan space-nya untuk menaruh tempat penyimpanan ini. 

Misalnya, kamu bisa menambahkan tempat penyimpanan di bawah tempat tidur, di atas lemari, atau space-space kecil lainnya yang masih bisa dimanfaatkan.

8. Aksen yang rapi

Kalau kamar mu sempit maka kamu jangan malas untuk merapikannya. Percuma jika kamu sudah menerapkan tips di atas jika kamar mu berantakan. 

Selain kerapian kamar, kamu juga harus memberikan aksen rapi pada kamar mu. Aksen bisa terlihat dari garis-garis atau tekstur yang ada di kamar mu. 

Usahakan aksen ini tidak terlalu random atau abstrak jika kamu ingin memberikan kesan rapi untuk mencapai kesan yang lebih luas sehingga lebih nyaman.

9. Motif garis

Berbicara menata kamar sempit tidak melulu dengan warna kamar yang polos. Bagi kamu yang suka dengan warna motif maka motif garis bisa menjadi pilihan. 

Motif garis dipercaya memberikan kesan yang lebih panjang, luas untuk motif garis horizontal dan memberikan kesan ruangan kamar yang lebih tinggi untuk motif garis vertikal. Pilih salah satu saja yang mana menurut kamu cocok.

10. Menaruh tirai yang tinggi

Lebih lanjut dari poin sebelumnya. Menaruh tirai yang tinggi bisa memberikan kesan kamar ruangan yang sempit bisa terlihat lebih tinggi sehinggan mengesan kamar sempitnya menjadi luas dan nyaman. 
Gantunglah tirai yang kamu miliki melebihi batasan atas rata-rata di kamarmu. Misalnya, menaruh tirai diatas ventilasi dengan cara melebihinya sedikit.

Namun, jika ventilasi mu tertutup maka ada baiknya kamu sering membuka tirai tersebut agar udara ruangan tetap terjaga.

11. Hilangkan headboard

Beberapa kamar memiliki tempat tidur dengan headboard. Tetapi, jika headboard ini dihilangkan akan bisa memberikan kesan yang lebih luas. 

Tempat tidur dengan headboard sendiri rasanya kurang tepat untuk kamar tidur sempit. Ada baiknya kamu pilih tempat tidur yang sederhana saja.

12. Manfaatkan area langit-langit kamar

Jika dari awal ruang kamar yang kamu memiliki cukup tinggi ukurannya. Maka, ada baiknya kamu mempertimbangkan desain baru untuk kamar kamu. 

Kamu bisa menambahkan tingkat kedua di dalam kamar pribadi kamu untuk ditambahkan fungsi tempat baru. 

Semisal, kamu bisa menambahkan tempat kerja, tempat baca, atau tempat tidur kamu sendiri dengan memanfaatkan ketinggian ruangan kamar sempit yang kamu miliki.

13. Menata dinding

Karena kamar yang dimiliki sempit, maka mulai dari sekarang juga kamu harus menata dinding. 

Usahakan kamar dinding di dalam kamar terlihat sederhana, teratur, rapi, serta tidak sembarang menempatkan barang baru di dinding tersebut. dinding yang polos bisa jadi pilihan aman jika kamu tidak ingin ribet menatanya.

14. Furnitur lipat

Lebih lanjut dari furnitur hemat tempat, maka furnitur lipat adalah solusinya. Dengan tips furnitur lipat, maka kamu tetap bisa menempatkan beberapa furnitur tanpa harus mengorbankan kenyamanan ruangan kamar kamu. 

Bijaklah dalam memilih furnitur ini, karena memberikan efek besar pada kenyamanan kamar kamu.

15. Pintu fungsional

Jika kamar mu masih dalam tahap perencanaan, maka ada baiknya mempertimbangkan pintu fungsional untuk diaplikasikan pada kamar mu. Pintu fungsional yang dimaksud adalah pintu geser. 

Dengan pintu geser ini, maka berkurangnya porsi space yang termakan karena kamu hanya perlu menggeser pintu tanpa ada space lain yang terbuang akibat dari proses buka tutup pintu tersebut. 

Kelebihan pintu geser ini tentunya tidak didapat pada pintu yang biasa ada pada rumah. 

Pintu standar yang ada membutuhkan space setengah lingkaran pada proses buka tutupnya dan hal ini bisa mempengaruhi proses lalu lalang pada sebuah ruangan.

Panduan Lengkap Menata Kamar Tidur Sempit
Tips Lengkap Menata Kamar Tidur Sempit

Demikianlah, tips yang bisa diberikan. Jika kamu ada tambahan mengenai tips menata kamar tidur, silahkan berbagi di kolom komentar untuk kebermanfaatan bersama. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "15 Tips Menata Kamar Tidur Sempit agar terkesan Luas"

  1. Artikel yg sangat menginspirasi dengan begini saya termotifasi untuk menata kamar saya. Terimakasi telah memberikan informasi yg sangat mengisnpirasi ini. Teruslah berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama, senang bisa bermanfaat utk orang lain.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel