Metode Evaluasi Bangunan Eksisting



Metode yang tersedia adalah evaluasi dengan analisis struktural berdasarkan sifat material yang diketahui, dimensi dan pemuatan, evaluasi dengan analisis dan pengujian beban fisik dan evaluasi oleh analisis dan pemodelan struktural tergantung pada sifat struktur dan tingkat informasi yang tersedia tentang kondisi yang ada dari struktur.

pekerjaan evaluasi bangunan
pekerjaan evaluasi bangunan. (sumber: theconstructor.org)


Evaluasi dengan analisis digunakan ketika informasi yang memadai tersedia, pengujian beban tidak praktis atau tidak aman karena kompleksitas pengaturan pemuatan dan pengujian. 

Tes beban tidak dianjurkan di mana kegagalan mendadak dan getas sangat diharapkan. Informasi yang terkumpul digunakan untuk menentukan secara analitis kapasitas pembawa muatan yang aman dari struktur atau bagian dari struktur.

Evaluasi dengan pengujian beban fisik digunakan ketika kompleksitas struktur membuat evaluasi semata-mata dengan metode analisis tidak praktis atau tidak pasti, karakteristik pembebanan dan material tidak dapat dengan mudah ditentukan, tekanan struktural menyebabkan ketidakpastian ke dalam parameter input dari evaluasi analitis, tingkat cacat tidak dapat dengan mudah ditentukan dan ketika ada keraguan tentang kecukupan struktur di bawah loading masa depan lebih dari kriteria desain asli. 

Evaluasi analitis awal dan perkiraan dilakukan sebelum uji beban untuk menentukan lokasi dan besarnya beban uji dan untuk merencanakan pengujian.

Evaluasi oleh konstruksi dan pengujian model struktural dapat digunakan sebagai pengganti uji beban skala penuh. 

Metode ini digunakan ketika solusi analitik tidak memberikan solusi yang unik, kegagalan tiba-tiba diharapkan, pengujian beban secara fisik tidak praktis, desain yang kompleks, penyusutan, creep, suhu, dan penyelesaian diferensial, dll., Yang signifikan dengan adanya pengekangan atau ketika bagian yang mengalami keraguan tidak dapat diuji dalam skala penuh dengan bagian lain dari struktur. 

Hasilnya akan dapat diandalkan ketika struktur, pembebanan, pengekangan dan kekuatan material dapat secara wajar dimodelkan dan prinsip-prinsip pemodelan sepenuhnya digunakan untuk menginterpretasikan hasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Metode Evaluasi Bangunan Eksisting"

  1. bang blog saya tentang iklim dan saya mau bikin tulisan pengaruh iklim thd pasif desain arsitektur.
    Bisa bantu review gak sebelum saya post.
    dan akan saya cantumkan link blog abang ini sbg reviewer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, sepertinya saya kurang paham gan dgn materi tsb. maaf ya blm bisa bantu.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertising