Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Teknik Sipil

Hallo teman-teman semua ang lagi di semester akhir. Ingatlah tugas akhir hanyalah syarat kelulusan dan hanya sekali. Tetap syukuri dan nikmati. Jangan ambil pusing. Jika semangat mu hilang atau kamu kurang motivasi, segera ingatlah perjuangan orang tua mu di rumah sana. 


langkah mudah dan efektif menyelesaikan tugas akhir
Menyelesaikan Tugas Akhir Teknik Sipil.
Ingatlah tujuan awalmu kuliah dan memilih jurusan Teknik sipil. Ingatlah proyek-proyek yang akan kamu kerjakan kedepannya, tentunya proyek itu membutuhkan kemampuan/keahlian yang baik dari seorang insinyur. Tugas akhir hanyalah langkah kecil dalam karir mu. Tetap semangat dan terus berjuang 😊
Berikut ini adalah langkah-langkah yang semoga bisa mempermudah tugas akhir/skripsi kalian.


1. Mencari ide untuk penelitian
Banyak mahasiswa terkadang bingung dalam menentukan ide tugas akhir mereka. Padahal jika ditelusuri, sebenarnya mudah saja. Saat ini banyak sekali persoalan-persoalan keteknik-sipilan yang terjadi di sekitar yang bisa jadi ide untuk sebuah penelitian. Jika dirasa masih susah dengan cara mencari ide dari persoalan yang ada, mahasiswa Teknik sipil bisa menelusuri kemampuan mereka sendiri. 


Coba sadari dan renungi kemampuan yang dikuasai dan mata kuliah yang paling menarik, karena biasanya setiap mahasiswa menonjol dalam satu bidang tertentu semisal dalam bidang Struktural, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, Hidrologi, Transportasi atau bahkan gabungan dari bidang-bidang tersebut. 



Dari bidang-bidang tersebut coba buat dan munculkan ide yang lebih spesifik untuk sebuah judul tugas akhir anda. Semakin jelas kerangka ide pemikiran dan semakin spesifik ide tersebut semakin mudah anda menyelesaikan tugas akhir anda. 



Semisal, ada mahasiswa yang dari semester awal nilai-nilainya dibidang struktur sangat baik, maka bisa jadi dan berkemungkinan besar, mahasiswa tersebut akan lebih familiar dengan bidang tersebut dan biasanya pemikirannya banyak pada bidang tersebut. Dari sanalah biasanya ide-ide untuk untuk penelitian tugas akhir bisa muncul. 

Cara lainnya, coba anda berdiskusi dengan rekan, para professional, atau bahkan dengan dosen anda sendiri. Cobalah meminta nasihat dan saran mengenai tugas akhir anda, karena tidak jarang ada beberapa perusahaan yang menawarkan produk Teknik sipil mereka untuk direview dan bisa dijadikan bahan utama penelitian anda. 


Ada pula dosen yang mengajak anda untuk meneliti suatu topik sehingga anda bisa diajak bergabung dalam penelitian yang bisa sekaligus sebagai tugas akhir anda. Setelah ide dirasa sudah didapatkan, segeralah tentukan judul tugas akhir anda.  Biasanya judul masih akan direvisi oleh dosen pembimbing karena biasanya pemilihan kata yang kurang tepat. 

2. Memilih dosen pembimbing
Setelah anda mendapatkan ide penelitian dengan bidang Teknik sipil tertentu, maka segera hubungi dosen yang relevan dengan bidang keahlian tersebut. Dalam hal memilih dosen pembimbing, usahakanlah pilih dosen yang baik. 


Baik di sini dalam pengertian, tidak hanya beliau mempunyai keahlian dalam bidangnya yang mumpuni tetapi juga usahakan harus yang berpengalaman dan mempunyai etika yang baik. 



Hal ini menjadi penting, karena bukan rahasia umum lagi bahwa ada beberapa dosen yang kurang baik kepada mahasiswa bimbingannya. 



Beberapa dosen terlalu ingin dihormati tanpa ada maksud yang jelas. Usakan anda mendapatkan dosen yang ramah dalam berkomunikasinya sehingga anda leluasa dan menikmati proses pengerjaan tugas akhir.

3.Mengumpulkan dan mencari data untuk penelitian
Tahapan no. 3 ini sebenarnya bisa menjadi tahapan pertama jika tugas akhir anda membutuhkan data yang cukup krusial. Semisal anda mempunyai penelitian dalam bidang hidrologi dan membutuhkan data hujan dalam penelitian nantinya. 


Pastikan terlebih dahulu data tersebut bisa didapatkan/diakses. Contoh lainnya jika anda ingin meneliti sebuah gedung dengan kategori tertentu maka pastikan terlebih dahulu ketersedian objek gedung tersebut yang akan anda jadikan referensi penelitian tugas akhir anda. Untuk beberapa penelitian lainnya terkadang ini tidak terlalu perlu untuk dipastikan karena data sudah hampir pasti bisa didapatkan.

4. Mengerjakan/menganalisa data penelitian
Segera kerjakan dan analisa hasil survey anda. jangan tunda untuk mengerjakannya. 

Tipsnya, kerjakanlah tugas akhir anda setiap hari dengan libur hanya pada weekend. Biasanya anda akan segera lupa dan mulai malas untuk mengerjakan jika sering menunda pekerjaan. 

5. Menyusun laporan
Tahapan ini bisa dikerjakan sembari melalui tahapan no. 3 dan 4. Berikut ini adalah susunan laporan tugas akhir yang biasanya diterapkan di universitas

  • Halaman sampul
  • Halaman judul
  • Halaman pengesahan
  • Halaman pernyataan
  • Halaman dedikasi
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar tabel
  • Daftar gamba
  • Daftar lampiran
  • Daftar notasi dan singkatan
  • Abstrak
  • Pendahuluan
  • Tinjauan pustaka
  • Landasan teori
  • Hipotesis (bila ada)
  • Metode penelitian
  • Data analisis dan pembahasan
  • Kesimpulan dan saran
  • Daftar pustaka
  • Lampiran
Untuk penjelasan detail setiap tahapannya dapat dibaca disini.

6. Bimbingan dan revisi tugas akhir
Setelah anda selesai menyusul laporan tugas akhir anda, segeralah temui dosen pembimbing anda untuk diperikasi hasil pekerjaan anda. berkomunikasilah dengan cara yang sopan dan santun saat bimbingan. 

Jangan malu untuk bertanya dan meminta saran, saat anda menemui kesulitan dalam pengerjaan. Usahakan beri penjelasan progress pengerjaan tugas akhir anda kepada dosen pembimbing dan lakukan kontak komunikasi yang berkala. 

Segera perbaiki laporan tugas akhir anda, jika mendapatkan revisi. Jangan lupa bawa revisi terakhir dari dosen saat pertemuan bimbingan selanjutnya agar tidak terjadi kesalahan koreksi dan sebagai bahan ingatan dosen yang bersangkutan. 

Jangan pantang menyerah sebelum dosen memberi tanda ACC pada laporan tugas akhir anda. semangat.

7. Ujian dan selesai
Ini adalah tahapan akhir sebelum anda wisuda. Berikanlah yang terbaik saat mempresentasikan tugas akhir anda. Pelajari dan pahami dengan matang penelitian anda dan lakukan latihan untuk memuluskannya. 

Jangan lupa ingat wajah orang tua mu yang sudah menantimu saat wisuda, saat dimana mereka bangga akan anaknya yang telah ia besarkan berhasil menempuh Pendidikan sarjana dengan wajah bahagia.

Terakhir, Semoga kalian yang sedang Tugas Akhir bisa cepat lulus, wisuda, dan kerja di tempat impian. Amin.

Posting Komentar untuk "Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Teknik Sipil"