Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, Doa - RUANG-SIPIL -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, Doa

Taubat Nasuha - Sebelumnya kita mengenali diri sebagai makhluk yang cenderung berbuat salah, sedangkan di sisi lain ada Allah yang Maha Pemaaf. Lantas untuk membuat koneksi antara keduanya, dibutuhkan sebuah ikhtiar yang dikenal sebagai taubat nasuha.

Pengertian Taubat Nasuha

Secara bahasa taubat artinya kembali. Sementara secara istilah taubat berarti kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahannya, dan menyesalinya, serta berjanji tidak akan mengulanginya kembali.

Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, Doa
Sholat Taubat (via: cntraveler.com)

Allah berfirman:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan:

“Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At Tahrim: 8)

Perhatikan pada ayat diatas, bahwa Allah menganjurkan untuk melakukan taubat nasuha sekaligus menjanjikan surga-Nya untuk mereka yang bertaubat.

Oleh karena itu, kita bisa memahami bahwa selain dari kebutuhan kita, bertaubat pun mesti menjadi keinginan kita akan pahala yang telah Allah janjikan.

Syarat-Syarat Taubat Nasuha

Untuk mendapatkan keberhasilan dalam melaksanakan taubat nasuha, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Menyesali Segala Perbuatan Dosa
  2. Bertekad untuk Tidak Akan Pernah Mengulangi Dosa
  3. Meminta Ampun kepada Allah Swt
  4. Berjuang untuk Istikamah di Jalan Hidup yang Baru
  5. Meminta Maaf Apabila Kesalahan Berkaitan dengan Orang Lain

Niat Sholat Taubat

Niat sholat taubat adalah sebagai berikut:

USHALLI SUNNATAT TAUBATA RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Cara Melaksanakan Sholat Taubat

Dalam pelaksanaan shalat taubat seperti halnya shalat sunat yang lain sesungguhnya tidak ada perbedaan jumlah rakaat, jumlah rakaat sholat taubat 2 , 4, dan 6 rakaat. Untuk hal yang berkaitan bacaan shalat taubat maka dianjurkan :

Pada rakaat pertama: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun,

Sedangkan rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.

Doa Sholat Taubat

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا.

Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Posting Komentar untuk "Sholat Taubat: Niat, Tata Cara, Doa"