Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forklift: Fungsi, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja

Alat berat Forklift adalah satu alat berat yang bisa saja digunakan pada dunia konstruksi terutama di dalam pabrik untuk memindahkan atau memuat barang material konstruksi dalam suatu ruangan yang besar. Di artikel kali ini, ruang sipil akan membahas Forklift mulai dari Fungsi, Gambaran Umum, dan Perlengkapan Kerja.

1. Fungsi Forklift
Forklift atau sering disebut juga forklift truck adalah suatu alat yang terdiri dari badan (body) dan perlengkapan kerja (work equipment) yang digunakan untuk memuat (loading) dan menurunkan muatan (unloading), terutama pada daerah yang sempit.

Susunan Produk Forklift
Forklift terdiri atas tiga tipe utama, yaitu:  Forklift diesel, Forklift gasoline, dan Forklift battery.
Forklift Battery
Forklift Battery.

Forklift Diesel
Forklift Diesel.

Forklift Gasoline
Forklift Gasoline.

2. Gambaran Umum Forlift

Forklift Diesel dan Gasoline
Gambaran Umum Forklift Diesel dan Gasoline
Gambaran Umum Forklift Diesel dan Gasoline.
Berikut ini keterangan dari gambaran umum forklift diesel dan gasoline.
  1. Mast
  2. Lift chain
  3. Lift cylinder
  4. Back rest
  5. Finger bar
  6. Fork
  7. Head lamp
  8. Turn signal
  9. Overhead guard
  10. Rear lamp
  11. Tilt cylinder
  12. Counterweight
  13. Hood
  14. Front wheel
  15. Rear wheel

Forklift battery
Gambaran Umum Forklift Battery
Gambaran Umum Forklift Battery.

Berikut ini keterangan dari gambaran umum forklift battery.
  1. Forklift battery
  2. Mast
  3. Turn signal lamp
  4. Head lamp
  5. Lift chain
  6. Lift cylinder
  7. Back rest
  8. Finger board
  9. Fork
  10. Overhead guard
  11. Counterweight
  12. Battery case
  13. Tilt cylinder
  14. Rear wheel
  15. Front wheel


3. Perlengkapan Kerja
Terdapat beberapa macam perlengkapan kerja yang digunakan pada sebuah Forklift, diantaranya
sebagai berikut.

Side shifter
Dengan attachement ini dimungkinkan fork bergerak ke arah samping tanpa harus menggeser posisi forklift. Dengan demikian akan meningkatkan efisiensi terutama pada penggunaan di gudang container, yard atau dipabrik pabrik.

Load stabilizer
Load stabilizer terdiri atas pressure plate pada standar fork. Attachment ini akan menjaga kemungkinan jatuhnya material yang diangkut karena ketidak stabilan atau rapuhnya material tsb pada waktu traveling. Ini akan menambah faktor safety pada waktu mengangkat botol, peralatan presisi ataupun barang yang mudah pecah.

Drum clamp
Terdiri dari sepasang clamp melengkung yang sangatsesaui untuk membawa drum. Attachment ini dirancang secara khusus untuk mengangkut berbagai drum, produk oli, cat, minyak , kimia tinta, lem, baik drum isi ataupun kosong.

Bale clamp
Reach fork dilengkapi dengan reach length untuk fork dan backrest. Digunakan terutama pada warehouse dimana ruangannya sangat sempit atau cargo penyimpanan yang susah dijangkau.

Hinged fork
Hinged fork sangat cocok terutama untuk membawa balok kayu, attachment ini berisi fix backrest dan tiltable fork. (fork yang bisa ditilt)

Blade bucket
Blade bucket dilengkapi dengan blade yang bisa membuka menutup, tilted up and tilt down. Sesuai untuk membawa material curah seperti: pupuk, makan ternak dan lain-lain.

Push-pull
Pusher dilengkapi dengan standar fork dan peralatan dorong. Banyak digunakan di warehouse atau station/terminal untuk mengangkat kapas, batua atau material curah diguanakan sebagai bulldozer/mendorng batu ke tempat yang rendah atau dump area.

Rotating clamp
Rotating clamp tipe swing arm terdiri atas arm pendek, fix arm, swing arm, dirancang untuk penggunaan clamp secara luas. Attachment ini sangat sesuai untuk mengangkat & memindahkan paper rolls pada paper mill, printing house ataupun warehouse.

Sekian pembahasan dari kami ruang sipil mengenai Forklift: Fungsi, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Forklift: Fungsi, Gambaran Umum, Perlengkapan Kerja"