Inspirasi Dekorasi Ramadhan

Untuk kamu yang aktif dalam acara keagamaan seperti ikut terlibat dalam kepanitiaan ramadhan, sukarelawan ramadhan, mungkin kamu adalah takmir masjid, diminta bos di kantor, diminta tolong atasan hotel, atau sekedar ingin menghiasi rumah saat bulan puasa bisa jadi kamu membutuhkan Dekorasi Ramadhan serta Dekorasi Ramadhan di Hotel, Dekorasi Ramadhan di Mall, Dekorasi Ramadhan di Kantor, Dekorasi Ramadhan dari Styrofoam, Dekorasi Ramadhan di Rumah dan Dekorasi Ramadhan Simple.

Seperti yang kita ketahui, Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dinantikan umat muslim di seluruh dunia karena banyaknya keutamaan di bulan ini. Bagi seorang muslim sendiri, menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah hal yang wajib.

Perintah Wajib Berpuasa

Adapun dalil kewajiban puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan hadis adalah sebagai berikut.

Dalil Al-Qur’an

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Q.S. Al-Baqarah/2: 183)

Keutamaan Bulan Ramadhan
Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur’an
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih  sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al-Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan,”(Dalam ayat ini) Allah ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ‘alaihimus salam.” (Tafsirul Qur’anil Adzim, I/501, Darut Thoybah)

Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,”Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini karena banyaknya amal saleh dikerjakan sekaligus untuk memotivasi umat islam untuk melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan selain Ramadhan.” (Majalis Syahri Ramadhan, hal. 4, Wazarotul Suunil Islamiyyah)

Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan
Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah -yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan- saat diturunkannya Al Qur’anul Karim.

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ – وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ – لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Dan Allah ta’ala juga berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3)

Ibnu Abbas, Qotadah dan  Mujahid mengatakan bahwa malam yang diberkahi tersebut adalah malam lailatul qadar. (Lihat Ruhul Ma’ani, 18/423, Syihabuddin Al Alusi)

Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

Keutamaan Puasa

1. Puasa adalah Perisai

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

“Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)

2. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pahala yang Tak Terhingga

3. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

4. Bau Mulut Orang yang Bepuasa Lebih Harum di Hadapan Allah daripada Bau Misik/Kasturi

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى ، وَأَنَا أَجْزِى بِهِ . وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ ، وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَصْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ ، أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى امْرُؤٌ صَائِمٌ . وَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ، لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ ، وَإِذَا لَقِىَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

“Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah,’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Puasa akan Memberikan Syafaat bagi Orang yang Menjalankannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَىْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. قَالَ فَيُشَفَّعَانِ

“Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata,’Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata,’Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan.’” (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani, periwayatnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Haytsami dalam Mujma’ul Zawaid)

6. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Bagi Orang yang Berpuasa akan Disediakan Ar Rayyan

Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama  Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/343-keutamaan-puasa-ramadhan.html

Setelah mengetahui dalil perintah wajib berpuasa dan keutamaan di bulan ramadhan, mari kita langsung saja ke inti artikel ini yaitu mengenai Dekorasi di bulan Ramadhan.

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan


Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan Rajut

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan Bintang Emas

Dekorasi Ramadhan Makanan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Untuk menarik para hotelier, biasanya para pengusaha hotel sangat antusias dalam mendesain dengan tema ramadhan di hotelnya. Dekorasi yang ada diharapkan membuat para pengunjung semakin excited dan tetap merasakan suasana ramadhan meskipun mereka sedang dalam acara bepergian dan menginap di hotel.

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel Merah Maroon

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan Emas di Hotel

Persiapan Dekorasi Ramadhan di Hotel

Dekorasi Ramadhan Entrance di Hotel

Dekorasi Ramadhan Pintu Depan di Hotel

Dekorasi Ramadhan Meja Makan di Hotel

Dekorasi Ramadhan di Mall

Mall yang menjadi pusat keramaian, tentu menjadi mutlak untuk melakukan dekorasi sesuai momen yang ada. Di bulan puasa salah satunya, mall-mall akan mendekorasi hall tengahnya semegah mungkin untuk menarik perhatian para pengunjung. Rasanya dekorasi di mall adalah salah satu dekorasi yang biasanya paling mewah yang biasa kita temui saat bulan ramadhan. Tak jarang dekorasi ramadhan di mall ini dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto bersama grup atau selfie.

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Mall

Dekorasi Ramadhan di Kantor

Sebagian besar kantor saat bulan puasa juga ikut meramaikan bulan ini dengan mendekorasi kantor mereka dengan nuasa islami. Hal ini umumnya dilakukan oleh setiap kantor agar karyawan merasa tidak bosan dengan suasana yang monoton. Tidak hanya di kala ramadhan, kantor juga mendekorasi di saat momen-momen penting lainnya. Investasi dalam bentuk dekorasi ini diharapkan bisa meningkatkan produktifitas karyawan di kantor.

Dekorasi Ramadhan di Kantor BUMN

Dekorasi Ramadhan di Kantor Mewah

Dekorasi Ramadhan di Kantor Provider

Dekorasi Ramadhan di Kantor Gameloft

Dekorasi Ramadhan Murah di Kantor

Dekorasi Ramadhan di Kantor Rumah Yatim

Dekorasi Ramadhan Murah di Kantor

Dekorasi Ramadhan di Kantor Sederhana Murah

Dekorasi Ramadhan Unta di Kantor

Dekorasi Ramadhan di Bengkel

Dekorasi Ramadhan di Kantor Bimbingan Belajar

Dekorasi Ramadhan di Kantor Keuangan

Dekorasi Ramadhan Bedug di Kantor

Dekorasi Ramadhan di Kantor Pintu Depan

Dekorasi Ramadhan di Kantor CS

Dekorasi Ramadhan di Kantor CS

Dekorasi Ramadhan di Kantor

Dekorasi Ramadhan dari Styrofoam

Dekorasi-dekorasi yang biasa kalian lihat di bulan puasa, entah itu mall, kantor, hotel atau kamu beli untuk dekorasi di rumah, kebanyakan bahannya styrofoam. Material atau bahan ini dipilih karena mudah dibentuk dan harganya relatif murah. Cukup dengan tali besi bergerigi maka kamu sudah bisa membentuk bentuk dekorasi yang kamu ingin dari styrofoam.

Dekorasi Ramadhan Fast dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Promosi dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Unik dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Studio dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan di Toko dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan dari Styrofoam Sederhana

Dekorasi Ramadhan Area Meerting dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Panggung Konser dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Bedug dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan Maroco dari Styrofoam

Marhaban Ya Ramadhan dari Styrofoam

Dekorasi Ramadhan di Rumah

Di bulan puasa, tidak ada salahnya jika kalian ingin mendesain rumah dengan pernak-pernik khas ramadhan. Selain mempercantik area di rumah, dekorasi yang kamu buat bisa menciptakan suasana baru dan pastinya menambah semangat kamu dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Kamu bisa mencari pernak-pernik keperluan dekorasi ramadhan ini market place atau bisa juga kamu buat sendiri.

Dekorasi Ramadhan di Rumah

Dekorasi Ramadhan Gantungan Kertas Sederhana

Dekorasi Ramadhan Gantungan Kertas Colorful

Dekorasi Ramadhan di Ruang Tamu

Dekorasi Ramadhan Simple Lipatan Kertas

Dekorasi Ramadhan Warna Pop Up

Dekorasi Ramadhan Gantungan Kayu dengan Tulisan

Dekorasi Ramadhan Ulang Tahun

Dekorasi Ramadhan Tempelan Kertas

Dekorasi Ramadhan Mahkota dari Kertas

Dekorasi Ramadhan Ka'bah Al-Quran

Dekorasi Ramadhan Abu Minimalis

Dekorasi Ramadhan Meja Ungu

Dekorasi Ramadhan Simple

Dekorasi Ramadhan yang simple atau sederhana, tentu akan lebih mudah untuk dibuat. Cukup manfaatkan bahan yang ada di sekitar mu secara kreatif dan mulailah berkreasi. Hasil yang ciamik tergantung dari seberapa lihai kamu mendekorasikannya.

Dekorasi Ramadhan Count Down Card

Dekorasi Ramadhan Angka Arab

Dekorasi Ramadhan dari Lilitan Kayu

Dekorasi Ramdhan Simple Blue

Dekorasi Ramadhan Sederhana Tempelan Kertas

Dekorasi Ramadhan Gantungan Ka'bah

Dekorasi Ramadhan Tulisan Ramadhan Mubarak

Dekorasi Ramadhan Lampu di Pojokan

Dekorasi Ramadhan Lampu dan Bulan Sabit

Dekorasi Ramadhan Lilin Arab

Dekorasi Ramadhan Pink

Dekorasi Ramadhan Lampu Kecil

Dekorasi Ramadhan Masjid Merah


Nah itu tadilah beberapa Inspirasi dekorasi ramadhan yang bisa kami bagikan. Semoga hasil kurasi gambar-gambar dekorasi ramadhan di atas bisa menjadi referensi dan bermanfaat. Semangat berpuasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inspirasi Dekorasi Ramadhan"

Post a comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel