Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bangunan Unik di India | Tidak Hanya Taj Mahal


India adalah negara yang berkembang dengan cepat, baik itu penduduknya maupun infrastrukturnya. 

Ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan saat kita jalan-jalan ke India. 

Dengan kreativitas yang dimiliki beberapa orang di India, mereka menciptakan arsitektur bangunan unik, tinggi menjulang yang bisa membuat kita berdecak kagum.

Disamping memberikan karya seni yang memukau, para kontraktor di India juga telah berhasil memenangkan penghargaan secara global karena desain yang mereka wujudkan. 


Inilah 5 Bangunan dan Gedung Unik di India.


Taj Mahal, Bangunan Unik di India
Taj Mahal.

1. Gedung I-Flex Solution, Bangalore

Investasi yang dibutuhkan untuk membangun gedung unik sekelas dunia ini sebesar 50 crore atau 100 miliar rupiah pada tahun 2003. 

Terletak di Bangalore, Whitefield, konstruksi kantilever yang unik bisa menampung 1.500 lebih karyawan sekaligus.

Gedung I-Flex Solution dipasangi sistem solar yang bisa digunakan untuk menghemat energi karena memiliki pasokan listrik yang didistribusikan untuk lampu lampunya.

Bangunan dan gedung I-Flex Solution menjadi salah satu property yang arsitekturnya dipehitungkan dalam dunia arsitek di India. 

Tak banyak gedung IT yang memberikan konsep modern seperti ini.

Gedung I-Flex Solution di Bangalore.
Gedung I-Flex Solution di Bangalore.


2. Signature Towers, Gurgaon

Gedung unik di India selanjutnya ada di Gurgaon. Arsitekturnya tidak hanya menarik, bangunan keren ini menjadi pilihan dari banyak perusahaan multinasional yang memilih untuk mengoperasikan bisnis mereka di Signature Towers. 

Lokasinya cukup strategis yang berjarak hanya beberapa ratus meter dari National Highway 8 di Gurgaon.

Signature Tower merpakan salah satu bangunan pertama di India yang menggabungkan system jadi satu seperti pelapis tirai canggih dan fasilitas BMS seperti, manajemen energy, keamanan, sistem penagihan, fasilitas manajemen parkir mobil, dll.

Signature Towers di Gurgaon.
Signature Towers di Gurgaon.


3. One World, Mumbai

One World di Mumbai merupakan menara hunian tertinggi di India. Meski belum selesai secara resmi ada tahapan hunian yang telah dibayarkan oleh pembeli pada tahun 2011 hingga 2014 dan itu bernilai fantastis. 

Satu triliun rupiah ini hanya sebagian tower saja.

One World memiliki 3 tower yang tahapannya masih dikerjakan oleh perusahaan patungan antara perusahaan India dan perusahaan konstruksi yang berpusat di UAE. 

Lodha Grup pemilik lahan, menargetkan pembeli yang berasal dari India yang tinggal di London. Pengembang sendiri memilih memasarkan properti ini melalui agen properti London Wetherell Estates.

One World di Mumbai.
One World di Mumbai.


4. Forum Atmosphere, Kolkata

Arc Studio yang berbasis di Singapura dipilih untuk merancang proyek perumahan mewah bertingkat tinggi di Kolkata. 

Proyek ini terinspirasi dari Marina Sand Bay di Singapura. Sistem desain sungguh visioner, dari simplex dan duplex memastikan bahwa rumah dapat "ditanami." Desainnya sungguh menarik dan silakan dipilih tanaman yang cocok untuk dijadikan dekorasi di apartemen ini.

Harga yang ditawarkan sungguh fantastis. Sekitar 3-4 miliar rupiah. 

Namun itu tidak termasuk perbaikan hunian seperti tembok retak, biaya keamanan, pajak, pelayanan.

Forum Atmosphere di Kolkata.


5. Trump Tower, Mumbai

Trump Tower adalah bangunan dan gedung unik milik Lodha Grup. Termasuk apartemen mewah, memiliki salah satu hunian di Trump Tower kita bisa melihat pemandangan Laut Arab, Arena Pacuan Kuda, dan Sea Link yang menakjubkan. 

Untuk menggaet pembeli, proyek dari pengembang ini menggunakan artis Bollywood cantik Aishwarya Rai Bachchan sebagai brand ambassador-nya.

Sesuai dengan namanya Donald Trump memiliki saham di bangunan dan gedung ini. 

Pada awal Juli kemarin Presiden Amerika ini mengatakan ada 9 properti miliknya yang akan berkembang disini melalui kerja sama dengan pengembang di India, termasuk salah satunya kerja sama dengan Lodha Grup.

Trump Tower di Mumbai.
Trump Tower di Mumbai.

Oke, sekian dulu untuk postingan kali ini. Semoga menambah pengetahuan teman-teman pembaca mengenai bangunan unik di India

Di India, bangunan uniknya bukan cuma Taj Mahal, Hawa Mahal, Agra Fort dan Amber Fort, tapi ada bangunan unik lainnya seperti yang telah sama-sama kita bahas. 

Terima kasih sudah membaca. Silahkan tinggalkan komentar/kritik/saran. Jangan lupa share postingan ini.

Posting Komentar untuk "5 Bangunan Unik di India | Tidak Hanya Taj Mahal"