6 Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di Rumah


Tips Mempersiapkan Ruang Kerja – pada zaman sekarang ini, bekerja tidak harus lagi di kantor pada suatu perusahaan. Sudah mulai banyak anak muda yang membuktikan diri bahwa mereka bisa bekerja dari rumah dan sukses dalam hidupnya.

Ruang Kerja di rumah
Kerja di rumah. (sumber: pexels.com)
Pekerjaan dari rumah yang paling umum biasanya terkait dengan aktivitas online. Oleh karena itu, Bekerja dari rumah selain kebutuhan internet dan perangkat teknologi yang mumpuni, tak lupa juga elemen penting lainnya yaitu ruang kerja.

Ruang kerja di rumah hendaknya bisa mendukung semua pekerjaan yang akan kamu kerjakan sehingga bisa menghasilkan pekerjaan yang optimal.

Ruang kerja terbaik akan membantu kamu lebih sukses karena bisa mendukung datangnya ide menarik, inspirasi, kesan lebih rileks dan tentunya kenyamanan.

Berikut ini kami mencoba memberikan 6 tips mempersiapkan ruang kerja di rumah yang bisa kamu terapkan.

6 Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di rumah
6 Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di rumah. (sumber: pexels.com)

Ketahui kebutuhan kerja
Individu yang bekerja dari rumah bisa dari berbagai dari kalangan dan sektor industri apapun, seperti konstruksi, desain grafik, programmer, translator, guru, youtuber dan masih banyak lainnya. Dari setiap jenis pekerjaan tersebut tentu memiliki kebutuhan masing-masing, yang berbeda dengan yang lainnya.

Pentingnya mengetahui kebutuhan kerja kamu tentunya akan sangat membantu dalam menyiapkan rencana ruang kerja di rumah. Jika kamu seorang pekerja konsultan konstruksi pada perusahaan dengan bekerja jarak jauh, mungkin perangkat teknologi komputer yang mumpuni, internet cepat serta stabil dan ruangan yang tenang tentu mungkin membantu.

Pada pekerja konstruksi bisa jadi pada ruangan kerja kamu membutuhkan meja kerja yang besar untuk membantu kamu melihat gambar kerja ataupun berdiskusi dengan rekan kerja.

Mungkin kamu juga membantu papan tulis besar untuk membantu kamu memproyeksikan dan mempresentasikan ide dengan rekanan. Ketahui lebih jauh mengenai kebutuhan kerja mu.

Tentukan zona kerja
Menentukan zona kerja tentu tidak bisa sembarangan karena hal ini haruslah menyesuaikan jenis pekerjaan yang kamu jalani. Misalnya, Jika kamu seorang penulis tentu zona kerja kamu lebih dinamis.

Lain halnya jika kamu seorang programmer, maka zona kerja kamu hendaknya terhindar dari gangguan karena mungkin membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan bahasa pemograman yang jangan sampai terganggu oleh siapapun.

Menempatkan ruang kerja pada bagian tengah rumah terkadang bukanlah pilihan yang tepat, terlebih jika kamu memiliki anak kecil, biasanya konsentrasi kamu akan terganggu.

Zona kerja bisa kamu pilih pada bagian sudut rumah, ruangan yang menghadap taman, atau di kamar.

Metode pengarsipan yang sesuai
Bekerja dari rumah identik dengan file yang ada pada cloud atau online. Hal ini bukan berarti kamu tidak membutuhan arsip untuk pekerjaan kamu. Pekerjaan online juga membutuhkan arsip untuk menyimpan dokumen-dokumen tertentu dalam bentuk fisik.

Prioritaskan kenyamanan
Sudah seharusnya rumah yang identik dengan kenyamanan begitu juga dengan ruang kerja yang kamu rencanakan. Buatlah ruang kerja mu senyaman karena kamu bebas menentukannya. 

Ingat, ini bukan kantor yang desain rencana yang kebanyakan lebih kaku. Ruang kerja yang menghadap ke taman hijau, jendela yang besar atau terdengarnya suara air mengalir adalah sebagian inspirasi dari definisi kenyamanan.

Mulai dari apa yang ada
Berpikirlah secara cerdas dan kreatif. Cobalah manfaatkan apa yang ada disekitar mu untuk menciptakan kebutuhan ruang kerja. Saya yakin sudah banyak video ataupun artikel DIY di internet yang bisa membantu dalam menciptakan karya-karya kebutuhan mu seperti meja, gantungan, hiasan ruangan dan sebagainya. Coba lihat disekitar sebelum memutuskan semuanya untuk secara langsung membeli barang baru. Tentu kamu tak mau mengeluarkan biaya yang lebih.

Disiplin supaya tetap teratur
Ruang kerja di rumah yang berarti sudah diprediksi kamu tidak berada di bawah pimpinan atau seorang bos seperti pada umumnya di perusahaan. Biasanya secara psikologi manusia, jika tidak disiplin atau terbiasa, maka lebih cenderung untuk bersikap teratur di ruangannya. 

Maka dari itu, bisa jadi karena hal tersebut, ruang kerja terkesan berantakan atau tidak teratur. Ini akan berpengaruh terhadap kinerja dan mood kamu saat bekerja. 

Belum lagi masalah yang mungkin akan muncul akibat ruang kerja yang tidak teratur, seperti kehilangan suatu barang kecil, susah mencari suatu item dan lain-lainnya. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha selalu disiplin di ruang kerja supaya teratur.

Oke, itulah 6 tips yang bisa kami bagikan mengenai mempersiapkan ruang kerja di rumah. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Jangan lupa berbagi dengan cara share postingan ini dan silahkan memberi komentar di bawah.

GRATIS! Dapatkan update artikel terbaru RUANG-SIPIL:

0 Response to "6 Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di Rumah"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel