Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari berbagai hal tentang realisasi bangunan. Jurusan ini masih cabang dari keteknikan dan cakupannya pun luas sekali. 

Berbagai titik pembangunan di negeri ini selalu berkaitan dengan para lulusan Jurusan Teknik Sipil yang menempati posisi-posisi penting. Nah, baca ulasan berikut ini agar Kamu semakin punya alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil.

Alasan Kuliah di Teknik Sipil
Kuliah Teknik Sipil. (sumber: adcoconstruct.com.au)
Jurusan Teknik Sipil sering dianggap mirip dengan Jurusan Arsitektur. Namun tahukah Kamu bahwa keduanya berbeda? Seorang arsitek bangunan hanya fokus pada rancangan bangunan. 

Sedangkan seorang Insinyur Teknik Sipil bekerja mewujudkan bangunan yang dirancang tersebut. Jadi beda obyek pekerjaan saja. 

Jika sudah paham bedanya, sekarang saatnya Kamu memikirkan alasan terkuat memilih Jurusan Teknik Sipil sebagai motivasi. Cek, mungkin salah satunya ada di sini.

Banyak Peluang Kerja

Lulusan Teknik Sipil punya peluang kerja sangat luas. Soalnya, meskipun pembangunan gedung-gedung sudah menggunakan tenaga mesin yang modern, namun tetap saja mesin itu butuh pengendali. Seorang lulusan sekolah Jurusan Teknik Sipil berpeluang menjadi Project Manager, Surveyor, perencana struktur dan posisi lainnya yang menjanjikan. Kemampuannya merencanakan rancang bangun sangat penting untuk memperjelas arah pembangunan.

Banyak Peluang Jadi Pengusaha

Tak hanya menjadi pekerja di perusahaan orang lain, namun lulusan Teknik Sipil punya potensi untuk mengembangkan ilmunya lebih serius dengan menjadi pengusaha. Misalnya dengan mendirikan perusahaan kontraktor bangunan, menjadi konsultan bangunan, maupun developer.

Hal ini sangat mungkin karena sejak dalam belajarnya, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil terlatih untuk hal-hal seperti itu. Berbagai ilmu dan kemampuan di bidang bangunan diperoleh dan diperdalam. Jadi begitu lulus sudah siap terjun ke dunia usaha.

Menikmati Keseruan Belajar Teknik

Jurusan Teknik Sipil itu selalu berkaitan dengan hitung-hitungan. Di sini lah serunya. Keseruan menghitung rancang bangun sebuah bangunan, melatih ketepatan dan kecepatan, juga mengenal berbagai seluk beluk bangunan.

Siap Berkontribusi Membangun Negeri

Indonesia saat-saat ini dan masa mendatang masih akan terus membangun demi mengejar ketertinggalan. Sehingga tenaga-tenaga ahli di bidang teknik sipil tak akan tersiakan. Dengan memanfaatkan momen perkembangan ekonomi ini, Kamu bisa ikut memberikan warna di bidang pembangunan.

Kesempatan Bekerja di BUMN

Alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil yang lainnya adalah karena mencari kesempatan kerja di BUMN. Jelas sekali, lulusan Teknik Sipil sangat besar peluangnya untuk bekerja di BUMN dan proyek-proyek pembangunan. Selain di BUMN, Departemen Pekerjaan Umum juga menjadi tempat kerja para lulusan Teknik Sipil.

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jurusan Teknik Sipil

Setelah memahami berbagai alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil, mungkin saja Kamu penasaran ada apa saja di Teknik Sipil. Yang jelas ada berbagai hal suka dan dukanya, susah maupun senangnya.

Jurusan Teknik Sipil Berkutat Dengan Hitungan

Untuk Kamu yang takut dan anti dengan pelajaran Matematika, masuk ke Jurusan Teknik Sipil adalah salah besar. Kecuali Kamu berniat untuk melawan pelajaran yang menghantui Kamu itu.

Jurusan Teknik Sipil Langka Cewek

Jangan terlalu berharap Kamu mudah menemukan mahasiswi di Jurusan Teknik Sipil. Pasalnya, kebanyakan yang kuliah di jurusan ini adalah lelaki. Sehingga kalaupun ada cewek, pasti jadi bintang.

Harus Siap Ditempatkan di Berbagai Wilayah

Karena para kontraktor yang bekerja sama dengan jurusan ini kebanyakan berskala nasional, maka Kamu harus siap jika kelak harus ikut proyek mereka di daerah tertentu. Bisa di tempat ramai, bisa juga pelosok.

Bagaimana? Sudah punya alasan kuliah di Jurusan Teknik Sipil yang kuat? Poin-poin di atas bisa Kamu pertimbangkan. Perhatikan juga bekal kemampuan Kamu apakah sudah sesuai di jurusan ini. Selamat menentukan pilihan.

2 komentar untuk "5 Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Sipil"

  1. Kalau lulus teknik sipil, nggak mungkin ketipu tenaga pembangun kalau lagi renovasi rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak karena rata2 lulusan teknik sipil biasanya sudah paham.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.