Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsultasi Arsitektur dan Manfaatnya Untuk Proyek Pembangunan

Konsultasi arsitektur merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pengembang maupun pengelola proyek pembangunan. Metode ini merepresentasikan suatu pola, desain dan seluruh sistematika rancangan terhadap konstruksi dan infrastruktur. Selain itu terselenggaranya konsultasi melibatkan dua pihak yakni konsultan dan client.

Konsultasi Arsitektur dan Manfaatnya Untuk Proyek Pembangunan

Banyak lembaga instansi maupun profesional individu yang membuka jasa konsultasi terhadap arsitektur. Hal ini tidak semata membidangi Suatu profesi namun memenuhi kebutuhan masyarakat dan berbagai pihak lainnya terkait rancangan dan struktur bangunan yang matang.

Konsultasi Arsitektur dan Manfaatnya Untuk Proyek Pembangunan
Konsultan Arsitek (via: depositphotos.com)

Jasa sebagai konsultan arsitektur sendiri tak hanya sebatas menggambar maupun membuat desain dan skema bangunan. Melainkan turut mempertimbangkan berbagai sisi sistem dan seluruh rangkaian yang diperlukan untuk membangun gedung dan konstruksi yang kokoh. 

Hal tersebut juga mencakup pembuatan sistematika untuk irigasi, listrik dan aspek-aspek lainnya dibutuhkan dalam operasional gedung di masa mendatang. Oleh sebab itu hanya ahli profesional tertentu yang menguasai bidang arsitektur serta mampu menjadi konsultan dan perancang. 

Pelatihan Untuk Menjadi Konsultan Arsitektur

Pada umumnya untuk menggeluti bidang arsitektur tentu perlu mengenyam pendidikan pada perguruan tinggi dengan jurusan teknik arsitektur. Namun seiring berjalan waktu, pendalaman dan pengembangan diri perlu untuk terus dilakukan bahkan pasca mengikuti bangku perkuliahan. 

Terutama pada jurusan arsitek yang akan bergerak sebagai konsultan. Hal ini terkait banyak materi dan algoritma yang membutuhkan akurasi dan tingkat konsentrasi tersendiri. Oleh sebab itu banyak pihak yang mengikuti kursus online untuk mendalami bidang arsitektur. 

Meski terkesan hanya sebagai penyalur ilmu, namun profesi konsultan mengemban tanggung jawab yang besar. Dengan demikian hanya para profesional berpengalaman yang dapat melanjutkan ke tingkat konsultan setelah melalui beberapa profesi terkait arsitektur maupun teknik. 

Jenis-Jenis Pelatihan dan Kursus Untuk Menjadi Konsultan Arsitektur

Sebagaimana pada berbagai jenjang karir lainnya di bidang arsitektur juga terdapat tingkatan atau level profesi. Tingkatan tersebut menentukan tahap-tahap kesulitan sesuai dengan latar belakang pendidikan,  pengalaman hingga pelatihan yang telah diikuti. Berikut beberapa jenis pelatihan tersebut. 

Kursus Etabs, SAP 2000 dan AutoCAD

Istilah etabs dan dua lainnya tersebut merupakan sebutan untuk program perangkat lunak yang digunakan pada bidang sipil maupun arsitek untuk membuat gambar bagan skema dan rancangan. Baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. 

Adapun fitur, fasilitas sistem operasi pada masing-masing perangkat telah terupgrade dengan teknologi dan kecanggihan terkini. Pemahaman pendalaman dan pengasahan skill terkait perangkat tersebutlah yang perlu dikuasai oleh setiap arsitek maupun calon konsultan. 

Pelatihan BIM dan Pelatihan Microsoft Project

BIM merupakan singkatan dari Building Information Modelling yang memiliki cakupan terhadap representasi digital dari karakteristik fisik maupun karakter fungsional pada bangunan. Pelatihan ini memberikan informasi terkait berbagai elemen dan unsur pembangun sebuah konstruksi. 

Termasuk pada mempertimbangkan keputusan dalam kurun waktu tertentu serta membuat perkiraan jangka panjang. Adapun Microsoft Project dalam bentuk pelatihan memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar tentang pengoperasian perangkat lunak untuk memanajemen suatu proyek. 

Pelatihan Cost Engineering dan Pelatihan Site Engineering

Cost engineering memiliki pengertian sebagai bidang internet yang berpatokan pada penerapan prinsip ilmiah dan teknik. Secara spesifik pelatihan ini memberikan dasar kemampuan untuk melakukan perkiraan biaya, atau yang juga terdapat pada kursus RAB (Rancangan Biaya Anggaran). 

Tak hanya merancang suatu biaya sedekat mungkin dengan perkiraan pengeluaran, namun juga termasuk membuat pengendalian berupa penawaran pada proyek. Sedangkan site engineering posisi yang menuntut tanggung jawab terhadap pelaksanaan teknis proyek sebagai asisten project manager. 

Pelatihan Sketchup dan Pelatihan Primavera

Kegiatan sketchup merupakan pembuatan gambar dalam bentuk sketsa 3 dimensi terhadap suatu rancangan atau desain bangunan. Mengapa pengaplikasian teknik ini menggunakan program CAD serta menjadi skill wajib yang perlu dimiliki oleh pekerja teknik maupun arsitek. 

Adapun Primavera juga menjadi perangkat lunak yang memiliki andil penting untuk melakukan pengelolaan terhadap terlaksananya proyek konstruksi. Keunggulan aplikasi ini yakni terhadap rancangan, pembangunan jaringan dan pengelolaan yang dapat dilakukan dengan lebih mudah serta cepat. 

Pelatihan Plaxis dan Kursus Staadpro

Masih berkutat dengan teknologi digital dan penggambaran dengan sistem virtual, yakni terdapat plaxis dan staadpro yang memiliki fungsi masing-masing. Adapun praksis merupakan perangkat yang mendukung analisis deformasi, stabilitas dan aliran air tanah. 

Pengembangan tersebut dilakukan menggunakan sistem dua dimensi. Sementara staadpro merupakan software yang berguna untuk melakukan analisis dan pembuatan desain secara lebih cepat dan akurat terhadap profil baja. Pelatihan ini juga biasa dilakukan pada kursus teknik sipil. 

Demikian informasi tentang konsultasi arsitek yang dipandang berdasarkan sudut manfaatnya pada proyek pembangunan. Hingga deretan pelatihan yang bisa diikuti untuk mengembangkan skill dan pengetahuan seputar arsitektur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Konsultasi Arsitektur dan Manfaatnya Untuk Proyek Pembangunan"