Pengalaman Tes Kerja di PT. Nindya Karya



Pengalaman Tes Kerja di PT. Nindya Karya
Pengalaman Tes Kerja di PT. Nindya Karya
Banyak pilihan setelah lulus dari dunia perkuliahan Teknik sipil. Salah satu hal yang menjadi pilihannya adalah bekerja. Disamping itu, anda juga bisa melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau membangun usaha anda sendiri.

Di negeri ini banyak perusahaan konstruksi yang termasuk dalam kategori BUMN dan PT. Nindya Karya adalah salah satunya. Ada beberapa tahapan dalam rekrutmen di PT. Nindya Karya dan dalam postingan ini terbatas membahas rekrutmen kerja MT (management trainee) di PT. Nindya Karya berdasarkan pengalaman pribadi.


  • Registrasi online
Registrasi ini bersifat umum seperti registrasi pada saat mendaftar kerja di perusahaan lainnya, hanya perlu mengisi data diri yang diperlukan. Dari registrasi biasanya akan didapatkan ID dan Password untuk melakukan tes online yang merupakan tahapan selanjutnya. Tata cara registrasi online biasanya sudah ada dan dapat dilihat di tutorial video yang dapat didownload dari website.


  • Tes online
Tes online dilakukan melalui komputer/laptop pribadi kalian masing-masing. Disarankan untuk melakukan tes pada saat bukan jam sibuk semisal dini hari atau sesaat setelah subuh. Ada 2 macam tes online yang akan diujikan yaitu Screening Test dan TPA. 

Screening Test, dimana tes ini hampir sama dengan tes psikotes dengan soal-soal mengenai sinonim, antonim, angka, huruf dengan format yang lebih sedikit atau singkat. Jumlah soal 20 dengan waktu 15 menit. TPA atau tes potensi akademik yaitu tentang seputar materi perkuliahan tentang pelaksanaan di lapangan, alat berat, dsb. Jumlah soal dan waktu berbeda-beda untuk masing-masing jurusan.

Pengumuman lulus akan diberitahukan melalui SMS dengan nomor pribadi, Email melalui recruitment@nindyakarya.co.id, dan Website nindyakarya.co.id. waktu pengumuman biasanya berjarak kurang lebih 2 minggu dari waktu tutup tes.


  • Psikotes dan wawancara psikolog
pada saat sebelum tes dimulai biasanya akan ada penjelasan tengan profil perusahaan, tahapan seleksi, dll, dsb yang sebagian besar informasinya bisa ditemukan di website.

Psikotes dilakukan di setiap kota yang jadi pilihan anda saat mendaftar.
Jenis-jenis psikotes yang diujikan adalah sebagai berikut:
EPPS: memilih 1 diantara 2 sifat
Warteg: gambar bentuk clue yang ada di 8 kotak
Tes koran: penjumlahan menurun atau naik
Tes analog verbal: sinonim, antonim, analog
Tes logika aritmatika: deret angka
Tes logika penalaran: pola deret gambar 2 atau 3 dimensi yang diputar-putar.
Army alpha intelegence test: tes kombinasi deret angka dan bentuk

Tips dan saran: tes ini cukup menguras energi karena membutuhkan konsentrasi tinggi. Sangat disarankan untuk tidur yang cukup dan sarapan sebelum tes. Pada saat tes tidak ada waktu jeda dan waktu untuk setiap tes hanya dikendalikan pengawas tes (tes mulai dan berhenti berdasarkan instruksi pengawas tes). 

Waktu untuk ke toilet hanya diberikan pada saat awal sebelum tes dimulai sesaat setelah penjelasan perusahaan. Sebaiknya, setelah anda mengetahui bahwa anda lulus ke tahap psikotes dan psikolog, segera pelajari materi tes tersebut. Bisa dengan membeli buku tes kerja yang banyak disediakan di toko buku, meminjam ke teman, belajar online atau belajar ke teman yang telah berpengalaman tes. Tetap berusaha dan berdoa.

Pengumuman lulus akan diberitahukan hari itu juga melalui kertas pengumuman yang ditempel dan tes akan segera dilanjutkan setelah istirahat, sholat, dan makan. Untuk makan, sudah disediakan oleh nindya karya dengan menu prasmanan atau nasi kotak dan tambahan snack. Jadi, kalian tidak perlu beli atau bingung mencari makan diluar.


  • Wawancara psikolog
Rangkaian tes psikologi terdiri dari FGD (forum group discussion) dan wawancara langsung dengan psikolog.

Tes FGD dilakukan dengan membagi peserta yang lolos tahap ini kedalam beberapa grup dan setiap grup akan diminta membahas persoalan yang diberikan dikertas. 

Pada saat tes ini, psikolog menyerahkan sepenuhnya alur diskusi ke peserta. Setiap orang dalam grup tersebut biasanya, awalnya akan mempersiapkan bahan diskusi berupa jawaban, ide atau pendapat yang akan disampaikan. Kemudian akan ada pembahasan antar orang di grup tersebut. Cari tahu lebih lanjut mengenai tes ini dari buku, artikel online atau pengalaman teman anda secara langsung.

Tips dan saran: bersikaplah sebaik mungkin dalam sesi ini. Usahakan setiap jawaban, ide atau pendapat anda yang anda berikan bersifat membangun, inovatif dan berisi. 

Perhatikan tata cara menyampaikan pendapat, sebaiknya tidak merendahkan peserta lainnya atau merasa anda yang paling benar. Pada saat tes, psikolog akan tetap memperhatikan dan mencatat. Fokuslah dalam menyelesaikan persoalan, bukan menunjukkan kemampuan anda secara berlebihan.

Wawancara psikolog dilakukan dengan tanya jawab dengan HRD dengan format wawancara 1 orang 1 (diwawancarai satu persatu). Pewawancara akan memanggil setiap peserta secara acak atau sesuai no urut tes kalian. Sementara, yang belum dipanggil, anda akan disibukkan mengisi pertanyaan esai mengenai pengalaman dan kepribadian anda. 

Materi wawancara tentang CV, background keluarga, perkuliahan dan organisasi. Dalam tes ini, psikolog lebih banyak menggali kepribadian kita dalam menyelesaikan masalah, hubungan ke orang lain, serta potensi yang ada. Durasi waktu wawancara berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung saat proses wawancara dan durasi ini tidak menentukan lolos atau tidak.

Tips dan saran: jawab semua pertanyaan dengan jujur dan sesuai pertanyaan. Tetap santai tapi serius pada saat wawancara. Jawablah dengan penjelasan yang baik misal disertakan alasan dan pengetahuan. Sebaiknya ikut alur pewawancara. Adakalanya, pewawancara akan mengajak anda bercanda.

Pengumuman lulus akan diberitahukan melalui SMS dengan nomor pribadi, Email melalui recruitment@nindyakarya.co.id, dan Website nindyakarya.co.id. waktu pengumuman biasanya berjarak kurang lebih 2 minggu dari waktu tes.


  • Tes EPT (English Proficiency Test)
Tes ini diadakan di Lembaga Bahasa LIA yang ditunjuk Nindya karya. Biasanya, berada dimasing-masing kota yang telah jadi pilihan kota tes.

Tes EPT kurang lebih sama seperti tes TOEFL. Ada yang menganggap tes ini sedikit lebih sulit dari tes TOEFL tetapi tidak sesulit tes IELTS. Materi tes terdiri dari listening, reading, dan structure. Tes ini akan diawasi oleh pihak lembaga Bahasa LIA dan biasanya tanpa ada pihak Nindya Karya. Semua alat tes biasanya sudah disediakan semua oleh pihak lembaga Bahasa (pensil, penghapus, pulpen, kertas). 

Untuk hasil score test, peserta tidak diberitahu. Hanya pihak NK, LIA dan tuhan yang tahu. Untuk gambaran, sebaiknya targetkan hasil tes dengan skor diatas 500 karena pengalaman pada saat wawancara manajemen (wawancara terakhir) ada salah satu staff HRD yang memperlihatkan hasil tes EPT dengan nilai skor sebagian besar di atas 500.

Tips dan saran: belajar mengerjakan latihan soal TOEFL yang tersedia online atau belajar melalui buku. Cari posisi duduk yang strategis (misalnya dekat dengan speaker agar memudahkan listening dan jangan duduk dibawah AC). 

Segera bertanya dengan pengawas tes jika bingung atau ada hal-hal yang perlu dikonfirmasi seperti lembar soal yang sudah dicoret sebelumnya untuk menghindari anggapan kecurangan. Jangan segan juga untuk bertanya mengenai format pengisian formulir tes jika belum terbiasa.

Pengumuman lulus akan diberitahukan melalui SMS dengan nomor pribadi, Email melalui recruitment@nindyakarya.co.id, dan Website nindyakarya.co.id. waktu pengumuman biasanya berjarak kurang lebih 2 minggu dari waktu tes.


  • Wawancara manajemen
Wawancara manajemen bisa diadakan di kantor cabang NK di kota pilihan anda tes atau di kantor pusat di Jakarta. Materi wawancara seputar Teknik dan sedikit non Teknik. Materi Teknik misalnya materi perkuliahan, contoh kasus, permasalahan dilapangan dll dsb. Materi non Teknik misalnya tentang gaji, penempatan kerja, jenjang karir dll dsb. 

Materi wawancara manajemen sebetulnya sangat fleksibel tergantung pewawancara dan anda yang diwawancarai. Pewawancara juga bisa mengejar anda dengan pertanyaan berdasarkan jawaban yang anda berikan. Jadi, perhatikan dan pastikan dengan baik jawaban yang anda berikan. Biasanya jika anda disuruh menjelaskan suatu persoalan, maka sudah disediakan papan tulis dan spidol dan anda diminta memberi penjelasan dan gambaran dari pertanyaan yang diberikan. 

Tips dan saran: Tetap tenang dan anggap seperti ujian di perkuliahan. Diusahakan percaya diri dan teguh dengan jawaban anda tapi tidak sok tahu atau sombong karena biasanya juga pewawancara akan menggoyah jawaban anda. biasanya pada saat akhir wawancara anda diminta untuk bertanya. Usahakan anda bertanya. 

Pikirkan dan tanyakan pertanyaan yang menunjukkan keseriusan dan ketertarikan anda dengan perusahaan. Anggap suasananya seperti mengobrol biasa. Insya allah penguji dari NK itu santai dan tidak galak.

Pengumuman lulus akan diberitahukan melalui SMS dengan nomor pribadi, Email melalui recruitment@nindyakarya.co.id, dan Website nindyakarya.co.id. waktu pengumuman biasanya berjarak kurang lebih 2 minggu dari waktu tes. Pengalaman pribadi kemarin, pengumuman tesnya langsung hari itu juga dan besoknya langsung tes kesehatan.


  • Tes kesehatan
Tes kesehatan diadakan di KIMIA FARMA di kota pilihan anda tes. Tes kesehatan terdiri dari tes kesehatan umum, tes ambil darah, tes urin, tensi, rontgen, mata, telinga, tinggi badan/berat badan.
Tips dan saran: sebaiknya anda mempunyai pola hidup yang sehat dan teratur. 

Diusahakan tidak begadang sebelum tes serta makan dan minum yang sehat dan cukup. Diusahakan anda mempunyai kegiatan olahrga yang rutin. Asal anda tidak mempunyai penyakit yang parah, peluang anda besar untuk lulus.

Pengumuman lulus akan diberitahukan melalui SMS dengan nomor pribadi, Email melalui recruitment@nindyakarya.co.id, dan Website nindyakarya.co.id. waktu pengumuman biasanya berjarak kurang lebih 2 minggu dari waktu tes.


  • Tanda tangan kontrak
Tahapan ini sangat ditunggu. Semua peserta yang lulus akan sangat bersyukur karena akan segera bergabung dengan salah satu perusahan konstruksi besar dan BUMN di negeri ini. Selamat dan sukses untuk kalian dan kita semua yang berhasil bergabung.

Tambahan: sebaiknya anda secara berkala (pagi dan malam hari) mengecek email dan website serta bergabung di grup telegram nindya karya supaya tidak ketinggalan pengumuman terbaru atau ada info terkait tes. 

Pada saat tes, jangan hanya fokus pada tesnya saja, tapi usahakan untuk memperluas jaringan anda dengan teman tes kerja lainnya. Berbagi kontak atau sekedar berbagi cerita, bertukar pengalaman mengenai dunia Teknik sipil atau hal lainnya.

GRATIS! Dapatkan update artikel terbaru RUANG-SIPIL:

0 Response to "Pengalaman Tes Kerja di PT. Nindya Karya"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Silahkan memberi Komentar, Kritik, dan Saran terkait postingan.
Jangan lupa dibagikan jika postingan ini bermanfaat.

Catatan:
1. Komentar dimoderasi dan tidak semuanya dipublikasi.
2. Komentar yang tidak relevan dan/atau terdapat link tidak akan dipublikasikan.
3. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel